Menu

Webinar “Riset pada Komunikasi Pariwisata, Media, dan Manajemen Resiko”

Tanggal: 19 Jun 2020 19 Jun 2020
Jam: 10:00 sampai 12:00
POster FSK

POster FSK

Pariwisata merupakan industri yang kerap menonjolkan sesuatu dengan orientasi menghasilkan profit. Produk yang biasanya ditawarkan dalam pariwisata antara lain, alam, budaya, masyarakatnya, dan produk budaya lainnya. Namun, hal ini kerap menimbulkan resiko-resiko yang dapat terjadi bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Rural tourism atau yang dikenal dengan wisata pedesaan, masih menjadi opsi yang diperkirakan akan menimbulkan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar, lingkungan, dan budaya. Namun, tentu hal ini masih dengan berbagai resiko lain yang dapat muncul.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengadakan sebuah webminar untuk menanggapi hal ini, dengan mengundang para ahli di bidang ini yang telah mendalami dan menjalani riset terkait dengan fenomena rural tourism. Dalam webinar ini, para ahli akan menjelaskan bagaimana kompleksitas dari hubungan antara pariwisata pedesaan, media pariwisata, dan beragam opsi lain yang lebih berkelanjutan. Tentunya hal ini tidak lepas dari hubungan dengan beragam resiko lain dalam pariwisata pedesaan seperti, situasi bencana, ketidakadilan representasi media, eksploitasi masyarakat, hubungan kuasa, dan lainnya.

Program ini akan dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Juni 2020 pada pukul 10.00 sampai 12.00 dengan menggunakan akun Zoom FISIP UAJY. Pembicara yang akan diundang dalam webinar ini antara lain, Desideria CW Murti, PhD selaku pembicara dalam spesifikasi riset komunikasi pariwisata. Dan Ignatius P. Cahyanto, PhD selaku pembicara dalam spesifikasi penelitian dalam bidang pariwisata, resiko, dan opsi-opsi lain yang lebih berkelanjutan terkait penelitian maupun dari sisi manajerial.

 

Forum Studi Komunikasi

Prodi Ilmunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube