header-int

Aksi Donor Darah LPPM UAJY – PMI PEMKOT Yogyakarta

06 March 2013
Share Facebook Share

“Setiap pendonor darah adalah pahlawan,” tutur Nafsiah Mboy, pada sambutan pembukaan sehari dalam rangka hari donor darah se-dunia di Ruang GA Siwabessy, Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan, Jakarta. Pernyataan Menteri Kesehatan RI tersebut tidaklah berlebihan mengingat bahwa kebutuhan darah bagi kelangsungan hidup manusia memang merupakan hal yang tak terbantahkan.

Darah merupakan materi biologis yang jumlahnya terbatas dan belum dapat disintesis di luar tubuh. Hal ini disebabkan karena di luar tubuh manusia, darah merupakan materi biologis yang labil. Artinya, ketersediaan darah di dalam sarana kesehatan sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya. Di samping itu, adanya jaminan ketersediaan darah yang cukup, aman, dan berkualitas, serta guna mendukung proses penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan, juga memerlukan pelayanan darah. Berdasarkan alasan-alasan tersebut maka ketersediaan darah atau komponen darah yang cukup, aman, mudah diakses, dan terjangkau oleh masyarakat sangat dibutuhkan.

pusat dan daerah bertanggung jawab dalam pelayanan darah sebagaimana diatur dalam Peraturan Nomor 7 Tahun 2011. Pelayanan darah ini pelaksanaanya dilakukan melalui Unit Transfusi Darah (UTD), Bank Darah Rumah Sakit (BDRS), dan jejaring yang dapat diselenggarakan , daerah, dan organisasi sosial yang bergerak di bidang Kepalangmerahan seperti PMI.

Dalam kesempatan kali ini PMI Pemkot kembali mengajukan permohonan kesediaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Yogyakarta untuk kembali menyelenggarakan aksi donor darah di lingkungan Atma Jaya Yogyakarta (). Padahal, menurut “tradisi”, penyelenggaraan donor darah di , kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun sekali yaitu menjelang pelaksanaan UAJY. Akan tetapi karena mulai bulan Januari dan diperkirakan masih akan terus berlangsung hingga 2-3 bulan ke depan masih banyak pasien yang menderita demam berdarah, maka secara tidak langsung kebutuhan akan darah terutama komponen trombosit juga meningkat. Di samping itu, masih banyak pasien yang belum terpenuhi kebutuhan darahnya. Mengingat kondisi tersebut, maka PMI Pemkot Yogyakarta dan LPPM UAJY pada hari Rabu, 6 Maret 2013 menyelenggarakan aksi donor darah di Lobi kampus Thomas Aquinas. Aksi donor darah berlangsung mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2014 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube