header-int

“BEDHAT”, Sarana Melepas Emosi Terpendam Teater Lilin UAJY

02 February 2020
Share Facebook Share

UKM Teater Lilin Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengadakan pementasan yang berjudul “BEDHAT” di Auditorium Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY, Sabtu (1/2/2020). “BEDHAT” sendiri dalam bahasa Sansekerta berarti lepas, yang diartikan bagaimana seseorang melepaskan emosi yang terpendam, kepalsuan dan kemunafikan dari diri mereka. Hal ini sebagai bentuk sindiran oleh Teater Lilin bagaimana banyak orang sekarang tidak menjadi diri mereka sendiri dan melakukan apa yang mereka mau, melainkan terpaku pada penilaian dari orang lain.

1

Pementasan “BEDHAT” yang disutradarai oleh Pulung L.A kali ini merupakan serangkaian dalam program kerja Perjamuan Lilin ke-21 (Jalin21). Jalin dimaksudkan untuk menjalin rasa kekeluargaan dengan teman-teman seniman yang ada di Yogykarta. Maka dari itu, untuk pementasan kali ini, Teater Lilin bekerja sama dengan Teater Senthir Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan Teater Trisula Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Band pengiring dalam pementasan kali ini juga mengajak band lokal Yogyakarta yaitu Semendelic.

Selain mengadakan pementasan, terdapat juga pameran lukisan yang diisi oleh lukisan-lukisan hasil karya seniman dari Sanggar SEJATI (Seniman Jajaran Timur), yaitu sanggar yang anggotanya khusus seniman dari daerah timur Yogyakarta. Lewat pementasan ini diharapkan dapat menyalurkan bakat mahasiswa dalam bidang kesenian khususnya seni peran, dan dapat pula menjalin silaturahmi antar mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang seni teater di Yogyakarta.

5

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube