header-int

Bincang Sehari dengan Asmat Bersama SENANTI UAJY 2019

13 May 2019
Share Facebook Share

Pusat Studi Kawasan Indonesia Timur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PUSKIT UAJY) mengadakan Seminar Nasional Indonesia Timur (SENANTI) 2019 yang diadakan di Auditorium Kampus 4, Gedung Teresa, Sabtu (11/5/2019). Seminar tersebut mengambil tema “Merajut Gap Sosial Budaya dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Wilayah Indonesia Timur”. Tema tersebut dipilih untuk menyoroti Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di wilayah Asmat dan memberikan pemahaman bahwa Papua menjadi “pintu masuk” dalam memahami dan merajut gap sosial budaya.

SENANTI 3

Seminar ini dihadiri oleh lima narasumber yang berkompeten dalam materi mengenai wawasan sosial budaya dan pengelolaan SDM di wilayah Indonesia Timur. Narasumber tersebut di antaranya Mgr. Aloysius Murwito, OFM selaku Uskup Keuskupan Agats-Asmat, Papua, Jaleswari Pramodhawardani, MA selaku Deputi V Kantor Staf Presiden RI, Elisa Kambu, S.Sos selaku Bupati Asmat, Papua, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT selaku Rektor Universitas Cendrawasih, Papua dan Romo Dr. Ir. Paulus Wiryono Priyotamtama, S.J., M.Sc selaku Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik.

Acara diawali dengan tarian adat penyambutan tamu, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua PUSKIT UAJY, Y. Argo Twikromo, Ph.D. Melalui SENANTI 2019 inilah semua panitia yang terlibat adalah mahasiswa Indonesia Timur, penampilan kesenian tradisional yang disuguhkan pun khas Nusa Tenggara Timur (NTT), Manado dan Papua.

“Tujuan kami, membuka wawasan bagi kita di sini yang belum melihat sepenuhnya bagaimana di Timur sana. Tantangan apa yang ada, baik dari kondisi geografis, ekosistem, pendidikan, SDM dan sosial budaya pastinya. Sehingga dari situ lah, yang kita ketahui tidak hanya kondisi kita yang di Jawa ini saja, tetapi juga membuka mata bagaimana mereka di ujung Indonesia sana,” ujar Argo.

SENTIKA 4

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube