header-int

Comminfest FISIP UAJY Gelar Seminar Nasional Artriwara

17 May 2019
Share Facebook Share

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar serangkaian lomba dalam kegiatan Communication Interest Festival (Comminfest) 2019. Kali ini Comminfest mengusung tema besar mengenai dunia pariwisata yaitu DESTINATION (Develop Tourism In Communi-Action). Artriwara menjadi salah satu rangkaian kegiatan dari Comminfest 2019. Artriwara merupakan salah satu mata lomba yang diusung oleh Kelompok Profesi dan Kelompok Studi (KPKS) Teras Pers. Pada kesempatan kali ini, KPKS Teras Pers tidak hanya mengikutsertakan dalam lomba saja namun juga mengadakan seminar nasional Artriwara dengan mengangkat tema “Developing Tourism and Writing”. Seminar nasional artriwara ini diadakan pada hari Jumat (10/05/2019) di Auditorium 2 Gedung Bunda Theresa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY.

IMG_2529

Seminar Artriwara ini mengundang dua pembicara yang memiliki basic mengenai dunia pariwisata, yaitu Elok Dyah Messwati selaku wartawan Kompas & Founder backpacker Indonesia, pembicara kedua yaitu Muhammad Arif Rahman selaku Founder Whatravel Indonesia. Seminar ini juga dimoderatori oleh salah satu mahasiswa FISIP yaitu Leonardus Wical Zelena Arga.

Pada sesi pertama Elok Dyah Messwati menyampaikan kiat–kiatnya dalam menulis berita kepada para peserta seminar nasional Artriwara.

“Kalau menulis berita pokoknya curahkan saja apa yang terlintas dalam kepala, keluarkan segalanya mulai dari pengalaman dan apapun yang dialami,” ungkap Elok. Pada sesi yang kedua Elok memberikan tips–tips mengenai liburan dengan low budget, mulai dari tempat–tempat wisata yang dikunjungi, kuliner, dan tempat penginapan.

Muhammad Arif Rahman sebagai pembicara kedua juga menyampaikan tips–tipsnya mengenai dunia pariwisata. Arif juga menyampaikan pengalaman pertamanya berlibur ke Singapura dengan minim budget. Sama seperti dengan Elok yang memiliki basic dalam menulis berita mengenai travelling, akan tetapi Arif lebih menyasar di dunia per-blogger-an. Arif memiliki alasan tersendiri mengapa ia menulis di blog, karena sayang sekali kalau pengalaman travelling yang seru hilang begitu saja maka dari itu ia menuangkan ke dalam tulisan.  

IMG_2505

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube