header-int

Cultural Visit : Belajar Membatik di Kampung Batik Giriloyo

08 October 2019
Share Facebook Share

Komunitas Atma Jaya Movement Universitas Atma Jaya Yogyakarta (AJM UAJY) mengadakan kegiatan Cultural Visit pada Sabtu (5/10/2019) di Kampung Batik Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Peserta acara ini berasal dari berbagai fakultas yang ada di UAJY. Sabtu pagi para peserta berkumpul di Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY untuk kemudian berangkat bersama menuju Kampung Batik Giriloyo.

Acara berlangsung di Pendopo Kampung Batik Giriloyo dibuka dengan sambutan oleh Ketua AJM, Jaya Mendrofa.

“Tujuan kegiatan ini adalah mengingat kembali budaya yang dimiliki Indonesia, salah satunya adalah batik,” jelas Jaya.

IMG_1368

Acara dilanjutkan dengan penjelasan dari perwakilan pihak Kampung Batik Giriloyo, Nur Ahmadi. Ia menjelaskan tentang sejarah berdirinya Kampung Batik Giriloyo, yang dulu sempat redup akibat gempa 2006 dan sekarag sudah mulai bangkit kembali. Ahmadi juga menjelaskan tentang macam-macam motif batik dan maknanya, serta cara pembuatan batik tulis mulai dari bahan serta alat-alatnya.

Kemudian peserta diajak untuk praktek membatik secara langsung dengan didampingi oleh beberapa ibu-ibu pengrajin batik. Setelah tahapan membuat batik tulis selesai, hasil karya tersebut dibawa sebagai kenang-kenangan.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube