1
header-int

Dialog Lintas Iman UAJY, Perkuat Toleransi Wujudkan Kedamaian

22 February 2021
Share Facebook Share

Komunitas Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (FORKOMI) dan Garuda Katolik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) berkolaborasi menyelenggarakan Dialog Lintas Iman dengan tema “Agama Jadi Perekat Integrasi dan Inspirasi Batin” secara daring, Sabtu (20/2/2021). Acara tersebut mengundang tiga narasumber yaitu Romo Yohanes Riyanto, Pr (Keuskupan Agung Semarang), H. Jazilus Sakhok, Ph.D (PWNU Yogyakarta) dan YM. Bhikkhu Dhirapuñño (ITBC-Medan), sedangkan moderator dalam acara tersebut adalah B. Yudi Dwiandiyanta, S.T., M.T (Kepala Kantor Kemahasiswaan Alumni dan Campus Ministry UAJY).

Romo Yohanes Riyanto, Pr, menyampaikan materi mengenai cara pandang agama Katolik melalui dua dokumen yang menjadi inspirasi perdamaian dan persaudaraan antar umat beragama.

“Setiap agama itu mempunya ajaran-ajaran yang berakar pada nilai-nilai kedamaian, oleh karena itu perlu membangkitkan kesadaran beragama, khususnya juga di kalangan teman-teman muda,” ujar Romo Riyanto.

Pembicara selanjutnya, KH. Jazilus Sakhok, Ph.D menyampaikan tentang tema “Tasamuh Sebagai Sikap Beragama yang Mengharmonikan”. Ia berharap Tasamuh atau toleransi dan tepa salira menjadi dasar umat beragama dalam bertindak.

“Cara pandang orang beragama harus ‘saya beragama, saya juga sebagaimana diri saya, saya harus mengakui, menghormati wujud lain di luar diri saya sebagaimana keberadaan wujud saya’,” ujar Ustadz Jazilus.

Bhikkhu Dhirapuñño, menyampaikan mengenai cinta dalam agama sebagai dasar dari bertoleransi.

“Kita memberikan cinta bukan hanya dasar nafsu indra kita kepada orang yang kita cintai, melainkan kalau kita mencintai Tuhan kita, maka cintailah semua ciptaannya walaupun itu berbeda-beda,” jelas Bhikku Dhirapuñño.

Acara ini dihadiri oleh lebih kurang 173 mahasiswa UAJY. Diharapkan dengan adanya dialog lintas iman ini dapat semakin mempererat toleransi antar umat beragama, baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube