header-int

Diskusi Online: “Virus Corona Malapetaka atau Berkah”

11 June 2020
Share Facebook Share

Komunitas Atma Jaya Movement menggelar Diskusi Online yang bertajuk “Virus Corona: Malapetaka atau Berkah”, pada Sabtu (6/6/2020). Seminar ini menghadirkan 2 orang pembicara yaitu Dr.Lukas S.Ispandriarno,MA (Dosen FISIP UAJY) dan Jaya Mandrfa S.H (Alumni FH UAJY ). Sesuai judulnya, seminar ini melihat dampak pada aspek-aspek sosial masyarakat, ekonomi, pendidikan, dan hukum.

Latar belakang kegiatan ini berawal dari peningkatan kasus positif virus corona di Indonesia yang memberikan dampak buruk bagi masyarakat Indonesia, baik dalam bidang pendidikan, sosial ekonomi, maupun politik. Oleh sebab itu mahasiswa sebagai agen perubahan perlu berdiskusi mengenai keadaan sekarang ini.

Acara yang diikuti oleh 140 peserta bertujuan  untuk membangun pemahaman dan pengetahuan mengenai dinamika perpolitikan nasional dan langkah yang ditempuh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran dan dampak virus corona, serta dapat mengetahui produk hukum dan implementasinya dalam menangani pandemi virus covid-19

template ig 1-05

Menurut Dr.Lukas S.Ispandriarno, MA, pandemi ini dapat mengajarkan manusia untuk lebih bijaksana dan saling tolong-menolong.

“COVID-19 mengajarkan manusia untuk hidup bijaksana peduli tehadap orang lain saling membantu dan dalam konteks global menjadi sebuah solidaritas,” ujar Lukas.

Selain itu, Lukas juga mengajak masyarakat khususnya mahasiswa sebagai agent of change untuk lebih peka terhadap perubahan peraturan dan kebijakan pemerintah. Kebijakan tersebut harus dimonitor dan dikontrol supaya dalam proses pelaksanaanya dapat berjalan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuannya.

Jaya Mandrfa S.H. Jaya mengajak peserta sebagai generasi penerus pemerintahan dengan menanamkan nilai-nilai luhur Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaitu unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas serta tetap mengkritisi produk hukum yang membingunkan masyarakat.

foto ersama

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube