header-int

Dorong Pertanian Organik Menjadi Potensi Masa Depan

22 February 2020
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan University of Passau (UP), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Aliansi Organik Indonesia (AOI) mengadakan proyek penelitian dengan judul “IndORGANIC: The Societal Transformationof Agriculture into Bioeconomy – Turning Indonesia Organic?”. Proyek penelitian ini dipimpin oleh UP, Prof. Martina Padmanabhan dan Dimas D. Laksmana serta didanai oleh Kementrian Pendidikan dan Penelitian Jerman (BMBF). Oleh karena proyek penelitan tersebut diadakan Lokakarya IndoORGANIC dengan tema “Visi Organik – Rekomendasi Kebijakan untuk Pertanian Organik di Jawa”  yang berlangsung di Auditorium Kampus IV Gedung Theresa UAJY pada hari Kamis (20/02/2020).

Lokakarya yang berlangsung ketiga kalinya ini diawali dengan sambutan Rektor UAJY Prof. Ir. Yoyong Arfiadi M.Eng., Ph.D. dan Prof. Martina Padmanabhan. Acara dilanjutkan dengan diskusi IndORGANIC yang menganalisis isu dan potensi saat ini dari pertanian organik di Indonesia. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan keberlanjutan pangan di nusantara.

IMG_0653

Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia, pertanian organik merupakan transisi sistem pangan yang diperlukan dan menjadi potensi masa depan. Adanya usulan pertanian organik tersebut dapat menjadi cara untuk mencapai keberlanjutan produksi pangan. IndORGANIC ini menjadi alternatif dari pertanian konvensional dari sudut pandang antropolis, sosial, ekonomi dalam pendekatan inter dan transdisipliner. Analisis dalam lokakarya ini mengabungkan antara sistem nilai yang memotivasi perilaku manusia, aspek gender dan institusi yang mendukung atau menghalangi sektor organik, dan evaluasi terhadap kondisi yang mendukung konversi ke pertanian organik oleh petani lokal.

Oleh karena itu dalam fase terakhir IndORGANIC membahas temuan dan rekomendasi kebijakan yang berdasarkan peneliti lokal dan pembuat kebijakan di Indonesia. Harapannya acara ini dapat memotivasi dan mendukung pertanian organik, tatanan pertanian organik, dan pemasaran. Lalu muncullah saran kebijakan untuk pertanian organik di Jawa.

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube