header-int

Dosen UAJY Raih APTIK Award 2018

02 November 2018
Share Facebook Share

Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), H. Andre Purwanugraha, SE., MBA. baru saja mendapatkan penghargaan APTIK Award 2018 Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Pemberian penghargaaan tersebut diadakan pada agenda Hari Studi APTIK 2018 yang diselenggarakan oleh Yayasan Widya Dharma Pontianak di Hotel Ibis Pontianak, Jumat (12/10). Andre, selaku dosen Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi sekaligus Wakil Rektor II UAJY mengikuti seleksi APTIK Award 2018 dan mewakili UAJY untuk kategori Pendidikan dan Pengajaran.

Andre menceritakan terdapat tiga bidang yang dikompetisikan dalam APTIK Award, yaitu (1) Bidang Pendidikan dan Pengajaran, (2) Bidang Penelitian dan Pengembangan Ilmu, dan (3) Bidang Pengabdian kepada Masyarakat. APTIK sendiri merupakan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik, yang secara berkala mengadakan APTIK Award sebagai wujud pemberian apresiasi kepada tenaga pendidik di lingkup APTIK yang berprestasi dalam hal kegiatan belajar dan mengajar.

“Capaian prestasi yang didapat ini semata-mata untuk lebih memotivasi diri dan menumbuhkan komitmen sebagai tenaga pendidik yang berkarya di insitusi Katolik,” ungkap Andre.

Banyaknya berkas yang dikumpulkan seperti biodata, prestasi, deskripsi pengembangan pendidikan dan pengajaran, kontribusi yang dilakukan bagi institusi dan persyaratan lainnya selama kurun waktu 3 tahun berkarya bukan menjadi halangan. Proses seleksi yang sempat mengalami perpanjangan jadwal justru membuat motivasi dan semangat untuk memberikan yang terbaik dalam pengajuan berkas nominasi, pada akhirnya memberikan hasil yang sangat memuaskan dengan mendapatkan nilai tertinggi sekaligus menjadi Pemenang I Aptik Award Kategori Pendidikan dan Pengajaran.

4

Sebagai komitmen akan penghargaan yang didapat, Andre sanggup berbagi pengalaman atas karya dan prestasi yang selama ini sudah dilakukan, serta proses yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi ini pada perguruan-perguruan tinggi di lingkup APTIK. Andre juga berkomitmen kepada dirinya sendiri untuk terus bertanggung jawab terhadap apa yang sudah diraih dan tidak boleh berhenti.

“Peran dan tanggung jawab saya sebagai tenaga pendidik semakin ditantang menjadi lebih baik dan harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai kekatolikan dalam diri pribadi saya sebagai seorang pendidik yang tidak hanya sekedar mengajar tetapi sekaligus mendidik,” kata Andre.

Menjadi seorang dosen katolik harus bisa berperan sebagai agen pembelajar selalu mau berkembang dan bertumbuh dengan belajar tanpa henti, setia dengan panggilan hidupnya sebagai seorang dosen, dan bisa menjadi pemimpin bagi masyarakat. Setidaknya dengan begitu bisa memberikan semangat optimisme bagi mahasiswa untuk selalu setia berjuang menuntut ilmu dan memberikan rasa percaya diri, serta menumbuhkan rasa cinta akan bidang ilmu yang ditekuninya.

Andre menegaskan profesi sebagai dosen adalah sebagai ungkapan perwujudan iman Katolik.

“Jika saya mencoba merefleksikan nilai-nilai ke-Katolikan saya, maka tanggungjawab saya sebagai tenaga pendidik harus mampu dan bersedia menjadi inspirasi bagi banyak orang,” ungkapnya.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube