header-int

Dosen UAJY Rancang Aplikasi “SILO” Sistem Informasi Selo

20 December 2019
Share Facebook Share

Kebencanaan merupakan topik yang selalu menarik dalam upaya pembangunan di Indonesia bahkan di berbagai negara. Bicara mengenai kebencanaan bahwa perempuan dan anak-anak merupakan personal yang rentan terhadap resiko terjadinya bencana. Baik dalam hal kebutuhan fisik maupun pendampingan secara psikologis. Tentu menjadi satu tugas bersama dalam memberi pendampingan kepada komunitas ini untuk lebih bisa secara personal mampu mengelola dan mempersiapkan pada resiko yang akan dihadapai ketika kondisi bencana terjadi.

Satu bentuk kepedulian yang dilakukan akademisi yaitu dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat di daerah rawan bencana. Tidak sedikit pihak yang peduli dengan kondisi ini, namun sensitivitas terhadap kebutuhan perempuan sering terabaikan dan juga terbatas.

Jika menurut pada upaya pembangunan, pembangunan kesejahteraan bagi umat manusia seperti yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa 25-27 November 2015 di dalam Sustainable Development Goals (SDGs) adalah bermuara pada penghargaan terhadap hak asasi manusia. Penghargaan tersebut antara lain pada kesetaraan gender, sehingga partisipasi perempuan di dalam setiap proses pembangunan harus ada. Menurut Koalisi Perempuan, SDGs berfungsi sebagai alat tagih perempuan kepada pemerintah untuk memenuhi hak-hak perempuan, kesetaraan dan keadilan gender serta memperkuat pengarusutamaan gender dalam pembangunan (www.koalisiperempuan.or.id). Isu gender di SDGs antara lain berisi pengurangan resiko kematian pada perempuan. Artinya, segala resiko yang mengakibatkan kematian atau penderitaan perempuan, seperti akibat bencana, harus dikurangi. Berbagai aktivitas pengurangan resiko bencana, oleh karena itu, tidak bisa meninggalkan partisipasi perempuan.

SILO 2

Satu kondisi yang menelisik bagi Tim Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang terdiri dari Dhyah Ayu Retno W, Mario Antonius Birowo, dan Thomas Adi Purnomo Sidhi yakni upaya membangun kemandirian perempuan di rawan bencana. Sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana yang utama adalah ketersediaan informasi baik pada masa normal, bencana, maupun recovery pasca bencana terjadi. Keberadaan sistem informasi yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi warga diperlukan untuk membangun kemandirian perempuan di wilayah ini.

Atas dasar assessment yang dilakukan di empat desa yaitu Tlogolele, Klakah, Jrakah, dan Lencoh, tim merancang aplikasi berbasis mobile equipment sebagai solusi untuk aksesibilitas informasi bagi perempuan di wilayah ini. SILO-Sistem Informasi Selo diwujudkan dalam bentuk aplikasi mobile yang bisa diakses melalui Appstore.

Bukan sekedar menyampaikan informasi untuk kebencanaan, namun aplikasi yang mulai diperkenalkan kepada warga Desa Klakah, Kecamatan Selo pada 10 Desember 2019 ini bisa dimanfaatkan lebih luas untuk membangun kemandirian perempuan melalui aktivitas produktif mereka.

SILO 3

Informasi yang diperoleh dari Kepala Desa Klakah, justru keberadaan aplikasi ini mendorong ibu-ibu untuk semangat membuat aktivitas produktif misal membuat makanan seperti keripik atau hiasan rumah seperti bunga dari plastik. Selain itu, semangat ini dikembangkan untuk membangun desa wisata dan nantinya justru aplikasi yang sudah ada akan dimanfaatkan untuk promosi.

Aktivitas ini merupakan bagian dari outcome penelitian yang didanai oleh Kemenristekdikti dan sudah diawali sejak tahun 2018. Harapannya pada tahun mendatang bisa dikembangkan aktivitas serupa di desa lain bahkan untuk meningkatkan aktivitas kemandirian perempuan dalam bentuk kegiatan lain yang mendukung.

SILO 4

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube