header-int

Dosen UAJY Rancang Master Plan Curug Banyunibo Bantul

11 October 2019
Share Facebook Share

Dosen Program Studi di Magister Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Amos Setiadi, ST., MT dan Ir. Lucia Asdra Rudwiarti, M.Phil., Ph.D merancang penataan kawasan obyek wisata yang dikemas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kawasan Wisata Curug Banyunibo, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Perancangan master plan tersebut juga melibatkan mahasiswa Program Studi Arsitektur UAJY, Akbar Fitra Nugraha sebagai desainer grafis. Perancangan Master Plan Kawasan Wisata ini merupakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (Abdimas) yang dilakukan dengan bekerjasama dengan BAPPEDA Kabupaten Bantul dan Kantor Desa Sendangsari.

Penentuan lokasi abdimas, tidak lepas dari arahan dan masukan dari Bidang Pengendalian Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kabupaten Bantul, supaya ada sinkronisasi antara program Pemerintah dan Abdimas. Kawasan Wisata Curug Banyunibo dipilih karena memiliki objek Air Terjun, Mata Air, panorama dan menawarkan wisata pemandangan yang indah dari atas bukit.

Gazebo

Kawasan wisata ini membutuhkan master plan fasilitas pendukung bagi kegiatan pengunjung dengan penataan yang bertumpu pada panorama alam air terjun.

“Abdimas ini bertujuan membuat disain master plan kawasan dan fasilitas pendukung wisata untuk mengoptimalkan potensi yang ada agar mampu mewadahi kegiatan wisatawan dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku wisata di tempat tersebut,” ujar Amos

Disain fasilitas pendukung melibatkan peran warga sebagai pengelola aktif kawasan Curug Banyunibo. Komitmen masyarakat sangat baik dengan upaya yang sudah dilakukan berupa penyediaan fasilitas penunjang secara swadaya. Kesadaran dan respon warga terhadap potensi wisata Curug Banyunibo akan memberi manfaat peningkatan kesejahteraan melalui keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan potensi wisata ini.

site plan

Pengabdian pada masyarakat ini berlangsung mulai Februari sampai dengan Juni 2019. Master plan kawasan wisata yang dirancang meliputi pembuatan gazebo, pendopo, toilet, area parkir, area kuliner, gapura dan perbaikan jalan untuk mempermudah akses ke lokasi.

“Sebagai objek wisata, kawasan Curug Banyu Nibo diharapkan akan memberi kontribusi perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,  meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan fasilitas bagi wisatawan,” jelas Amos.

###

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube