header-int

Dr. AM. Rini Setyastuti, S.E., M.Si: Belajar Seumur Hidup

01 February 2019
Share Facebook Share

Dr. Rini Setyastuti, S.E., M.Si merupakan Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang telah resmi menyandang gelar doktor dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada melalui ujian terbuka.

Disertasi yang disusun oleh Rini Setyastuti berjudul “Integrasi Perdagangan ASEAN: Dinamika Spesialisasi, Pergeseran Struktural dan Peran Kelembagaan pada Kinerja Perdagangan Negara ASEAN” yang dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Disertasi yang diujikan bertujuan untuk menganalisis masalah potensial yang akan timbul dengan adanya kesepakatan antara anggota ASEAN dalam membentuk common market (Masyarakat Ekonomi ASEAN), melakukan analisis pemetaan spesialisasi dan perubahan struktural keunggulan komparatif di negara-negara anggota ASEAN, mengkaji integrasi ekonomi di ASEAN yang telah berjalan selama ini, menganalisis komplementaritas yang mungkin terjadi antar negara ASEAN, melakukan analisis peran kelembagaan terhadap perdagangan di ASEAN. Kesimpulan dari disertasi tersebut bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi negara-negara ASEAN dalam integrasi perdagangan dalam bentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dapat mengakibatkan manfaat yang dihasilkan menjadi relatif lebih rendah.

IMG_5490

Rini mengatakan bahwa motivasinya melanjutkan studi ke jenjang S3 ialah karena background menjadi seorang dosen yang wajib memiliki pendidikan tinggi. “Sebenarnya saya ingin melanjutkan studi ke luar negeri seperti Australia, namun ternyata saya bisanya lanjut di UGM”, ungkap Rini.

“Ketika orang tua saya sakit, Beliau menyuruh saya untuk mendaftarkan diri studi S3 di UGM. Awalnya saya tidak terlalu niat, tetapi akhirnya saya mendaftar dan saat itu pendaftaran sudah sangat lama dan saya masuk digelombang kedua. Saya menunggu pengumuman apakah saya lulus atau tidak, orang tua saya meninggal dan setelah itu saya ternyata dinyatakan lulus. Ini adalah pengalaman saya yang sangat membekas sekaligus menjadi motivasi saya untuk terus melanjutkan studi,” kenangnya.

Rini juga berpesan kepada anak muda agar terus belajar. “Selagi ada kesempatan ya manfaatkanlah kesempatan itu, sebisa mungkin kita itu belajar seumur hidup, kalau kita tidak belajar, kita pasti ketinggalan. Indonesia itu butuh orang-orang maju untuk membangun negara,” jelas Rini.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube