1
header-int

DUKUNG GERAKAN ETIKA BERSEPEDA MOTOR ANAK MUDA, FISIP UAJY GELAR SEMINAR

18 March 2014
Share Facebook Share

Dalam rangka mendukung gerakan etika dan perilaku bersepeda motor kaum muda, Fisip UAJY bekerjasama dengan Himpunan Alumni Jerman Yogyakarta dan Komunitas MARKA JALAN menggelar seminar dengan topik “ Etika Bersepeda Motor, bersama membangun tertib berlalu lintas” di Ruang Konferensi KSI, lantai 4, Perpustakaan UAJY, Jl. Babarsari 6 Yogyakarta, pada Rabu (19/3/2014).  Seminar ini terbuka untuk masyarakat luas, mahasiswa, para pendidik, pemerhati sosial kemasyarakatan. Seminar menghadirkan peneliti transportasi UGM, Ir. Tri Ardianto, Samiyo (Dinas Pendidikan Kota) dan Ranggabumi (dosen FISIP UAJY). Sebagai moderator acara ini adalah tokoh penggagas gerakan marka jalan yang sekaligus dosen UAJY, Lukas Ispandriarno.

Menurut Lukas Ispandriarno, seminar  ini dimaksudkan  untuk semakin mendorong upaya berbagai pihak dalam menggerakkan pendidikan etika berlalu lintas bagi anak muda. Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan kota kebudayaan sudah selayaknya memiliki masyarakat  yang beretika di jalan raya. Kondisi lalu lintas di Yogyakarta tidak terlalu banyak  bedanya dengan kondisi di kota-kota lain di Indonesia, semrawut, dan semakin banyak sepeda motor dengan knalpot non-standar. Tanpa upaya serius dari berbagai pihak, khususnya pemerintah, Yogyakarta akan menjadi “kota terbising” seiring dengan terus meningkatnya jumlah sepeda motor.  Untuk itu, perlu didorong agar para pimpinan lembaga pendidikan di tingkat pertama, menengah maupun pendidikan tinggi aktif berperan dengan cara mengajak anak didik dan mahasiswa peduli pada etika berkendaraan. “Saat Marka Jalan berkunjung ke sebuah SMA, Pimpinan Sekolah mengatakan murid yang mengendarai sepeda motor terus bertambah sedangkan tempat parkir tidak lagi mencukupi. Kami juga ingin agar anak-anak menaati Undang-Undang Lalu Lintas.” kata Ispandriarno.

Korban dari permasalahan lalu lintas adalah masyarakat yang  semakin tidak nyaman dan tidak aman berada di jalanan. Mereka adalah pejalan kaki, kalangan difabel, orang tua dan anak-anak selain sesama pengendara. Sudah  seharusnya problem  ini ditangani  para pimpinan pemerintahan daerah dan lembaga terkait. Para pejabat pemerintah diminta  memikirkan secara serius ketersediaan transportasi publik bagi warga DIY untuk sepuluh hingga puluhan tahun ke depan. Terutama pada musim kampanye saat ini, para kontestan harus dapat mengendalikan massanya untuk berperilaku santun di jalan raya. Agar mendapatkan simpati warga, partai politik mesti dapat menunjukkan sebagai peserta pemilu yang menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitiannya,  Ir. Tri Adianto memaparkan bahwa terdapat tiga keuntungan  dari pengurangan kecepatan dalam berkendara, yaitu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan, mengurangi resiko parahnya luka kecelakaan, dan pengurangan kecepatan dapat menjadi salah satu faktor keselamatan dalam berkendara. Selain mengurangi kecepatan, terdapat beberapa strategy traffic calming atau manajemen kecepatan di antaranya seperti pembatasan kecepatan dengan rambu lalu lintas, meletakkan median/divider di tengan atau samping jalan untuk mengurangi kecepatan.

Sedangkan menurut Samiyo, saat ini sudah mendesak untuk segera memasukkan pendidikan etika berlalu lintas ke dalam kurikulum sekolah (mulai dari SD). Adapun cakupan materi pendidikan tersebut meliputi :a) kejujuran, b) kerendahan hati, c) ketertiban/kedisiplinan, d) kesusilaan, e) kesopanan/ kesantunan, f) kesabaran, g) kerja sama, h) toleransi, i) tanggung jawab, j) keadilan, k) kepedulian, dan l) ketangguhan. (awan 19/3/2014)

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube