1
header-int

Dukung Program MBKM, UAJY Hasilkan Karya Penelitian dan Pengabdian Unggulan

03 January 2022
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar Seminar Nasional bertajuk ‘Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan UAJY 2021’, Rabu (29/12/2021). Seminar ini menampilkan hasil karya pengabdian dan penelitian dosen UAJY.

foto tim PENELITIAN

Karya pengabdian yang pertama dipresentasikan oleh Desideria Cempaka W. M., S.Sos., MA.,Ph.D. dan anggota, Dr. Victoria Sundari Handoko, S.Sos., M.Si. Presentasi memiliki judul “Peningkatan Digitalisasi Pariwisata dengan Model Co-Creation di Wilayah Desa Purwoharjo, Kulon Progo”. Tim ini mengembangkan informasi edukasi objek wisata berbasis kecerdasan buatan melalui aplikasi mobile Tinalah Edu atau disebut aplikasi ‘Mbak Dewi. Pengembangan digitalisasi ini yang kemudian menggunakan model Co-Creation. Co-Creation adalah penciptaan bersama untuk menghasilkan product value yang lebih berkualitas dan sesuai dengan harapan stakeholders.

Tim pengabdian kedua yang diketuai oleh Khaerunnisa, S.T., M.Eng., Ph.D. dan beranggotakan dosen serta mahasiswa, membawakan presentasi berjudul ‘Peningkatan Kapasitas dan Partisipasi Pelestari, Relawan dan Pelaku Pariwisata dalam penyelenggaraan Disaster Risk Management Plan di Warisan Dunia Kompleks Candi Borobudur’. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas stakeholders dan partisipasi penyelenggaraan DRMP di Warisan Budaya Kompleks Candi Borobudur kepada pelestari, relawan, dan pelaku pariwisata terkait manajemen risiko bencana menggunakan platform komunikasi manajemen bencana borobudur-drr.id.

Selanjutnya, Tim Pengabdian yang diketuai oleh Drs. A. Teguh Siswantoro, M.Sc. membawakan presentasi dengan judul ‘Penerapan Mesin CNC untuk Mendukung Additive Manufacturing pada Industri Kitchenware berbasis Limbah Kayu Furniture di Imogiri Yogyakarta untuk Mewujudkan Smart UMKM’. Mesin CNC merupakan hasil dari proyek independen MBKM yang dapat diaplikasikan pada UMKM untuk meningkatkan value produk. Mesin CNC ini sudah diterapkan pada industri kitchen ware berbasis limbah kayu yaitu CV Karya Wahana Sentosa yang berlokasi di Imogiri, DIY. Tim ini juga menerapkan sensor yang mendukung Internet of Things (IoT) yang dipasang pada mesin CNC sehingga dapat memantau kinerja mesin dan penggunaan energi listrik.

Tim Pengabdian yang diketuai oleh Prof. Dr. MF. Sheellyana Junaedi, S.E., M.Si. membawakan presentasi bertajuk ‘Strategi Penguatan UMKM melalui Sociopreneurship berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Desa Brayut dan Ngestiharjo’, yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kapasistas, dan memperkuat kegiatan produksi pemasaran produk UMKM. Potensi ekonomi dan potensi sosial-budaya yang merupakan kearifan lokal dan modal sosial yang dimiliki oleh masyarakat desa dapat menumbuhkan semakin banyak pelaku seni-budaya di wilayah tersebut.

Tim Pengabdian yang diketuai oleh Y. Kunharibowo, M.A. membawakan presentasi dengan judul ‘Penemukenalian dan Pemanfaatan Sepuluh Objek Pemajuan Kebudayaan di Lima Desa Kawasan Borobudur’. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, dan penyelamatan terhadap 10 objek pemajuan kebudayaan (OPK), yang meliputi tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, permainan rakyat, olahraga tradisional, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, dan ritus. Masih ada 17 dari 20 desa di Kecamatan Borobudur yang belum ditemukenali 10 OPK-nya. Untuk membantu kerja Balai Konservasi Borobudur tersebut, Tim UAJY berkerjasama dengan Yayasan Atma Nusvantara Jati (Atsanti) dan P.T. Manajemen CBT Nusantara meneruskan upaya itu.

Pengabdian selanjutnya oleh tim Drs. A. Wibowo Jati, M.S dengan judul ‘Penguatan Petani Milenial dalam Inisiasi Budidaya Cabai di Luar Musim Berbasis Teknologi Tetes Air di Pleret, Bantul, DIY’. Program ini mendorong petani muda (milenial) dalam budidaya cabai di luar musim dengan menggunakan teknologi tetes air, selain pembuatan pupuk organik cair dan pestisida hayati. Melalui teknologi tetes air ini para petani milenial tinggal memantau tanaman di lahan dan mengatur keran air ketika menyirami tanaman cabai sampai saat panen.

UAJY juga melakukan penelitian dengan tema “Evaluasi Hasil Penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Studi pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta” dengan Ketua Riset Tim 1, Ign. Novianto Hariwibowo, SE., M.Acc.

Hasil dari penelitian tersebut di antaranya keseluruhan program studi di UAJY telah siap untuk melaksanakan program MBKM, selain itu perlunya strategi komunikasi dan pengelolaan MBKM yang lebih efektif.

“Kesimpulan hasil dari survei populasi di UAJY adalah adanya respon positif pada MBKM, selain itu perlu adanya komunikasi tidak hanya sosialisasi di awal saja,” ujar Novianto.

Ketua Riset Tim II oleh Ranggabumi Nuswantoro, M.A. menyampaikan presentasi mengenai ‘Peningkatan Kualitas MBKM di UAJY berbasis Quintuple Helix Model untuk Mendukung Penerapan Kurikulum Outcome Based Education (OBE)’. Riset dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan metode penggalian data menggunakan FGD.

“Temuan pertama adalah kolaborasi yang menjadi kunci sukses MBKM, saat ini pelaksanaan dan tingkat partisipasi masih rendah karena kurang adanya timbal balik. Oleh sebab itu, ke depan perlu adanya komunikasi yang diperhitungkan. Kerja sama yang sudah baik bisa dilanjutkan ke depannya,” ujar Ranggabumi.

Dari hasil riset juga diketahui bahwa MBKM mampu menguatkan ke-Indonesia-an khususnya pada program Kampus Mengajar di mana para mahasiswa dan dosen ditugaskan untuk masuk ke sekolah-sekolah dasar/menengah yang memiliki perbedaan struktural dan kultural.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube