1
header-int

Fall Semester 2015, mahasiswa UAJY goes to Korea dan Malaysia

03 August 2015
Share Facebook Share

Bertempat di Kantor Kerjasama dan Promosi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KKP-UAJY) pada hari Kamis, 30 Juli 2015 berlangsung acara pelepasan 5 mahasiswa UAJY yang akan mengikuti exchange program ke Korea Selatan dan 1 mahasiswa yang mengikuti short course program ke Malaysia. Mereka yang akan berangkat ke Handong Global University, Korea Selatan pada bulan Agustus 2015 untuk belajar selama 1 semester tersebut, terdiri atas 3  mahasiswa FISIP dan 2 mahasiswa Fakultas Teknologi Industri. Masing-masing adalah Anisa (FISIP), Dilla Yearike Maharani (FISIP), Vita Madya Rina (FISIP), Mario N. Tey Seran (FTI), Agata Silviana Santoso (FTI). Sedangkan mahasiswa peserta Summer Course Program Universitas Teknikal Melaka (UTEM), Malaysia adalah Bonifasius Dian Dwi Kurniawan, merupakan  mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Sebelum berangkat ke negara tujuan, para mahasiswa mendapat pembekalan tentang perbedaan budaya yang akan dihadapi, self security, dan how to manage relationship oleh Kepala KKP, Drs. Ign. Agus Putranto, M.Si. Lebih lanjut Agus meminta agar para mahasiswa yang menjadi duta UAJY tersebut mampu memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan networking kemahasiswaan. Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Rektor III UAJY, R. Sigit Widiarto, SH. LL.M. yang dalam pengarahannya mengatakan bahwa para mahasiswa peserta kedua program ini adalah jendela UAJY. Orang akan melihat kualitas UAJY dari para mahasiswa. Lebih lanjut Sigit berpesan agar mahasiswa mampu memanfaatkan kesempatan yang istimewa ini sebagai media dan wahana menambah pengalaman, pembelajaran, serta pengembangan relasi karena tidak banyak mahasiswa UAJY yang mendapat kesempatan dan kemampuan untuk mengikuti kegiatan student mobility. “Berikan kesan UAJY tidak bisa dipandang sebelah mata” demikian pungkasnya.

Mahasiswa yang akan berangkat ke Korea Selatan juga mendapatkan bekal pengenalan Bahasa Korea yang dilaksanakan di Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya (KPBB) UAJY selama 10 kali pertemuan bersama 10 mahasiswa lain yang telah berangkat mengikuti Summer Course di Inha University, Korea Selatan di bulan Juli 2015. Mereka adalah Dewi (FTI) dan 9 lainnya dari Fakultas Ekonomi, yaitu Viorentina Edgina, Kezia Anya Arrela, Hilaria Dian Permata, Cinthya Gladys Putri Saragih, Joseph Suro Baskoro (FE), Andi Oki, Graceia Novaria, Rahajeng Ayu Anindita serta Kristania Novevara.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan student mobility di Bulan Agustus 2015, salah satu mahasiswa, yaitu Agata Silviana Santoso (FTI) mendapat scholarship dari Pemerintah Korea berupa biaya transport PP dan lokal serta biaya hidup selama mengikuti program dan Bonifasius Dian Dwi Kurniawan (FE) mendapatkan grant dari UAJY yang meliputi biaya transport PP, biaya program dan uang saku; setelah sebelumnya mengalahkan 6 mahasiswa lain yang diusulkan oleh masing-masing Fakultas di UAJY.

UAJY sebagai salah satu anggota asosiasi dari ACUCA (Association of Christian Universities and Colleges in Asia) memiliki kesempatan untuk mengikuti program Student Mobility Scheme (SMS). Melalui program ini  mahasiswa UAJY mendapat kesempatan untuk mengambil 1 semester di universitas yang tergabung dalam ACUCA dengan sistem transfer kredit. Sejak tahun 2012 hingga sekarang, setiap semester ada mahasiswa UAJY yang mengikuti program ini bahkan beberapa diantaranya mendapatkan grant berupa travel grant dan subsidi living cost. Untuk informasi lebih lengkap mengenai program SMS ACUCA dapat dilihat di www.acuca.net atau dapat menghubungi Bidang Kerjasama KKP di Kampus II UAJY. (KKP 3/8)

student mobility

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube