header-int

FH UAJY dan DPC Peradi Sleman Gelar Seminar Nasional

29 July 2017
Share Facebook Share

Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FH UAJY) bersama DPC PERADI Sleman dan PKPA FH UAJY menggelar Seminar Nasional dengan tema “Problematika dan Tinjauan Konsep Lembaga Kepailitan sebagai Instrumen Perlindungan Hukum Bagi Kreditur dan Debitur”. Seminar tersebut diadakan di Kampus I Gedung Alfonsus UAJY, Kamis (27/7) dan dihadiri oleh akademisi, pengacara, konsultan, perbankan, notaris, perusahaan dan umum.

FH UAJY & Peradi 1

Seminar nasional ini menghadirkan pembicara yaitu James Jamaslin Purba, S.H., M.H. selaku Advokat/Ketua Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) serta Wakil Ketua DPN PERADI dan Dr.C. Kastowo, S.H., M.H. selaku Konsultan Hukum dan Dosen Fakultas Hukum UAJY.

Dalam seminar tersbut, disampaikan materi tentang faktor pendorong perubahan kepailitan, arah pengaturan yang dipertanyakan melindungi debitur atau kreditur, persyaratan kepailitan, pencocokan hutang dan lain sebagainya. James Jamaslin Purba menyampaikan materi instrumen kepailitan dan PKPU sebagai perlindungan hukum bagi kreditur dan debitur serta tujuan lembaga kepailitan. Setelah sesi penyampaian materi, sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang diramaikan oleh peserta yang terdiri dari lawyer, dosen dan pengusaha dari berbagai kota.

FH UAJY & Peradi 3

Seminar ini bertujuan untuk memberi kontribusi tentang persoalan utang piutang karena undang-undang dipandang kurang mampu untuk menjawab pertanyaan dari orang-orang yang masih kurang paham tentang hal kepailitan dan juga perlindungan hukum untuk debitur dan kreditur. Dengan adanya seminar ini diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran untuk peserta seminar dan juga untuk masyarakat. Seminar nasional ini juga merupakan bentuk dharma dengan kajian ilmiah perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi untuk masyarakat.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube