1
header-int

FISIP UAJY dan KPU DIY Gelar Webinar “KPU Goes to Campus”

02 December 2020
Share Facebook Share

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (BEM FISIP UAJY), menggelar webinar KPU Goes to Campus pada Senin (30/11/2020). Webinar yang digelar menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan live streaming YouTube mengambil tema ‘Pilkada: Anak Muda dan Demokrasi di Tengah Pandemi’ dengan menghadirkan 4 pembicara yakni; Dr. Phil. Lukas S. Ispandriarno (Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UAJY), FX. Bambang Kusumo Prihandono, S.Sos., MA. (Dekan FISIP UAJY), Wawan Budiyanto (Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU DIY), dan Rustiningsih Dian Puspitasari (Presiden BEM FISIP UAJY). Webinar ini dihadiri oleh 150 peserta yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Wawan B

Event online ini digelar untuk mensosialisasikan kepada anak muda, khususnya yang berada di DIY dan sekitarnya, terkait tahapan-tahapan pemilu di masa pandemi ini dan pentingnya menggunakan hak suara atau berpartisipasi di dalam pemilu.

“Semoga sosialisasi melalui webinar ini para warga DIY mengetahui dan memahami informasi tata cara pemilu di masa pandemi ini. KPU DIY telah membuat alur pemungutan suara yang disesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku. Sehingga diharapkan masyarakat dapat tetap berpartisipasi di dalam pemilu, terkhusus Pilkada DIY yang akan digelar tanggal 9 Desember 2020 mendatang,” jelas Wawan Budiyanto.

Sementara Lukas meninjau dari pemikiran teoritis bahwa pemilu merupakan tempat berpijak bagi sebuah pemerintahan yang demokratis. Hak Asasi Manusia (HAM) dan kebebasan fundamental haruslah dihormati dalam tata kelola pemerintah demokrasi.

Lukas S

“Partisipasi, otonomi, dan kesetiaan adalah 3 pilar utama yang harus dimiliki oleh anak muda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Memilih untuk keberlangsungan hidup sebuah masyarakat selama 5 tahun ke depan, secara independen dan dewasa, serta memilih karena kepedulian dan rasa cinta terhadap negaranya,” ungkap Lukas.

Rustiningsih meninjau dan mewakili sisi anak muda dengan memaparkan sikap anak muda dalam menyikapi dunia politik. Rusti juga menjelaskan alasan-alasan yang menjadi penyebab anak muda memiliki ‘sikap yang tumpul’ dalam menghadapi dunia politik.

“Anak muda masih dianggap sok tahu ketika menanggapi isu atau permasalahan yang berhubungan dengan politik, kritisnya anak muda jarang didengarkan, pendidikan politik tidak berkelanjutan. Ketiga hal inilah yang membuat anak muda memiliki sikap tumpul dalam menghadapi politik,” paparnya.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube