1
header-int

FISIP UAJY Dorong Mahasiswa Go Internasional

22 March 2021
Share Facebook Share

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) mengadakan Webinar bertajuk “Study Abroad to Germany: Why not?”, Jumat (19/3/2021). Webinar ini menjadi upaya FISIP UAJY untuk mengikuti kegiatan internasional, salah satunya pertukaran mahasiswa. Perlu diketahui bahwa dengan menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus.

Webinar ini menghadirkan pembicara Dr. Andreas Schwarz (Chair of the Departement of Public Relations & Communication Technische Universitat Ilmenau, Jerman) dan Stefanus Bagus, S.I.Kom (Visiting Student). Sebagaimana diketahui bahwa FISIP UAJY dan Technische Universitat Ilmenau, Jerman telah menjalin kerja sama sejak lama.

“Kita dapat beasiswa Erasmus+ fully funded dengan Universitas tujuan Technische Universitat Ilmenau, Jerman,” tutur Sherly Hindra Negoro, M.I.Kom selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama. Sherly menuturkan bahwa beasiswa ini berlaku hingga tahun 2023 yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi program reguler dan kelas internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Andreas Schwarz mengungkapkan tentang sistem pembelajaran di Technische Universitat Ilmenau.

“Sistem pembelajaran di kampus sudah internasional, jadi anda tidak perlu khawatir kalau tidak bisa bahasa Jerman karena akan memakai Bahasa Inggris. Bahasa Jerman mungkin akan digunakan ketika berada di local store. Jadi akan lebih baik kalau juga sedikit-sedikit belajar basic skill bahasa Jerman,” ujar Andreas.

thumbnail_image (1)

Edukasi yang ditawarkan oleh Technische Universitat Ilmenau Germany juga didasarkan pada riset, sehingga materi yang diberikan akan lebih up to date.

Di sisi lain, Stefanus Bagus, S.I.Kom membagikan pengalamannya mengikuti pertukaran mahasiswa di Technische Universitat Ilmenau pada tahun 2015.

“Program student exchange itu kesempatan yang langka dan sebaiknya dicoba karena akan memperkaya tidak hanya ilmu pengetahuan tetapi juga pengalaman langsung yang tentunya berbeda dari Indonesia,” ujar Bagas.

Untuk dapat mengikuti program ini, mahasiswa harus memenuhi syarat di antaranya seperti: izin dari orang tua, kemampuan bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS), serta yang terpenting adalah dapat memberikan alasan yang kuat terkait keunggulan dan perbedaan antara diri sendiri dengan pelamar student exchange yang lain.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube