header-int

FISIP UAJY Gelar Studium Generale: “Ilmu Komunikasi, Bidang Peminatan dan Karir ke Depan”

12 March 2018
Share Facebook Share

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) menggelar Studium Generale bertema “Ilmu Komunikasi, Bidang Peminatan, dan Karir ke Depan”. Acara ini berlangsung pada Jumat (9/3) di Auditorium Kampus IV Gedung Teresa UAJY. Studium Generale ini diikuti oleh Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2016 dengan pembicara Ranggabumi Nuswantoro, selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY.

Studium Generale ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa yang akan memasuki semester 5 tentang konsentrasi studi di Ilmu Komunikasi. Lebih dari 200 orang mahasiswa angkatan 2016 mengikuti studium generale tersebut. Mereka mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana pentingnya teknologi informasi dalam perkembangan dunia Ilmu Komunikasi.

2

Dalam Studium Generale ini juga disampaikan beberapa hal penting seperti gelar lulusan, bidang peminatan, waktu dan jumlah tempuh SKS dan mata kuliah baru yang ditawarkan pada bidang peminatan tertentu.

Pada kurikulum 2017 ada 2 bidang peminatan yang ditawarkan, yaitu Komunikasi Strategis dan Komunikasi Massa dan Digital. Dari 2 peminatan baru tersebut Ranggabumi berharap agar mahasiswa ketika lulus dapat mengikuti perkembangan zaman, memiliki berbagai skill, dan dapat menjadi produsen di lapangan.

“Kurikulum 2017 ini merupakan kurikulum zaman now yang memperhatikan pentingnya perkembangan teknologi dan informasi, agar kalian tidak hanya menjadi user, tapi bisa juga menjadi produsen,” ujar Ranggabumi.

3

Mahasiswa sangat antusias pada saat sesi tanya jawab, seperti Cita salah satu mahasiswi yang bertanya tentang bagaimana jika mengambil Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan skripsi bersamaan.

“Mahasiswa dapat mengambil KKL dan Skripsi bersamaan, asalkan sudah memenuhi syarat misalnya mata kuliah wajib dan pilihan yang sesuai peminatan,” jawab Ranggabumi.

Ranggabumi menambahkan agar mahasiswa harus tetap untuk memperhatikan sikap diri, selain penguasaan pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus dalam dunia kerja.

 

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube