header-int

FISIP UAJY Gelar Webinar International Diplomacy Colloquium 2020

16 May 2020
Share Facebook Share

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) menggelar Webinar International Diplomacy Colloquium 2020 dengan tema “Tantangan Kolaborasi dan Mobilitas Global Pasca COVID-19” yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom, Jumat (15/5/2020). Webinar ini dihadiri oleh 5 pembicara, antara lain Ekalyptha Setyo (Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Madrid, Spanyol), Florence Patti Peilohy (Sekretaris Umum KBRI Dili, Timor Leste), Susanne Sutanto (Staf Sekretariat Wakeppri KBRI Berlin, RF Jerman), Vincentius Raymond (Mahasiswa Exchange, Prodi Ilmu Komunikasi, De La Salle University, Dasmarinas, Filipina), dan Vincent Elian Saera (Mahasiswa Double Degree Program, Prodi Teknik Sipil, National Cheng Kung University, Taiwan) dengan moderator Ign. Agus Putranto selaku Dosen  Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY.

Webinar ini dibuka oleh F.X Bambang Kusumo Prihandono, S.Sos, MA, Dekan FISIP UAJY yang menyampaikan bagaimana dunia sekarang berubah sedemikian rupa karena hadirnya COVID-19. Para pembicara menyampaikan bagaimana keadaan di negara masing-masing dalam menghadapi pandemi. Hampir dari seluruh negara pembicara seperti Spanyol, Jerman, Timor Leste, dan Filipina menerapkan sistem lockdown kecuali Taiwan, karena kasus yang dihadapi Taiwan dengan negara lain berbeda sehingga semua berjalan dengan normal.

Dalam webinar ini juga membuka ruang diskusi dengan pembicara dan audiens perihal KBRI, WNI, dan pandemi COVID-19. Salah satunya tentang karakteristik kita sebagai warga Indonesia agar tetap bertahan menghadapi pandemic COVID-19. Seperti yang diketahui bahwa karakteristik bangsa Indonesia ialah saling membantu terlebih di masa pandemi ini.

Dalam menghadapi pandemic, banyak pro kontra yang muncul di masyarakat. Dari uraian pembicara webinar dapat ditarik kesimpulan bahwa apapun yang terjadi di masa pandemi ini, tergantung bagaimana kita menghadapinya dan yang menjadikan kita tetap stabil hanyalah diri kita sendiri.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube