header-int

Forum Studi Komunikasi Gelar Diskusi dan Peluncuran Buku “Sport, Komunikasi, dan Audiens”

04 July 2014
Share Facebook Share

Bertempat di lobby Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY), Forum Studi Komunikasi (FSK) mengadakan diskusi dan peluncuran buku “Sport, Komunikasi, dan Audiens”, pada Kamis (3/7). Diskusi ini dibawakan oleh beberapa dosen komunikasi yang tergabung dalam FSK yakni, Dr. Hedi Pudjo Santosa (penulis dan dosen ilmu komunikasi Universitas Dipenogoro), Dina Listiorini, M.Si. (penulis dan dosen ilmu komunikasi UAJY), dan Lukas Deni Setiawan, M.A. (penulis dan dosen ilmu komunikasi UAJY). Diskusi mengangkat masalah olahraga, terutama bidang persepakbolaan di Indonesia, sesuai dengan buku yang diterbitkan.

Tim penulis mengajak pembaca dan masyarakat untuk melihat olahraga sepak bola dalam perspektif ilmu komunikasi. Dalam buku “Sport, Komunikasi, dan Audiens”ini perspektif komunikasi dilihat melalui tiga wilayah yakni ekonomi-politik, bisnis, dan culture studies,” jelas Fajar Junaedi, M.Si. penulis dan dosen Ilmu Komunikasi Unniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Fajar menjelaskan dalam hal culture studies yang dilihat ialah feminimitas dan maskulinitas dalam sepak bola sedangkan dalam bisnis sebagai contoh membicarakan tentang hak siaran piala dunia dan multikultural yang tidak bisa lepas dengan sepak bola.

Mengapa sepak bola? Olah raga yang satu ini merupakan sesuatu yang populer di mata dunia, selain populer juga sederhana dan mudah diterima masyarakat dunia. Semakin memasuki era global, olah raga yang mendunia ini terutama di Indonesia menjadi bisnis industri yang menguntungkan. Misalnya pada siaran piala dunia, liga Inggris, liga Spanyol, liga Eropa, dan pertandingan klub dari liga diluar negeri yang membutuhkan televisi satelit. Semua siaran tersebut tidak dijadikan satu tapi dibuat berbeda televisi satelit agar semakin banyak masyarakat berlangganan siaran sepak bola dunia dan termasuk dalam ekonomi-politik. Olah raga sekarang mengalami sebuah komodifikasi dan menjadi komoditas, begitu juga suporternya menjadi sebuah komoditas.

“Manfaat praktis dari buku ini ialah kalangan akademisi sebagai media lokal meliput sepak bola, manfaat akademisi mendorong dan menginisiasi kajian sport communication,” tukas Fajar moderator diskusi FSK.

Lukas Deni Setiawan sebagai pembicara diskusi menjelaskan, bahwa sepak bola sangat penting dalam kehidupan sosial ini dibuktikan dengan populernya olah raga ini di semua kalangan. “Olah raga ini murah sehingga menjadi bagian dalam masyarakat, cara media global memperkenalkan sepak bola ke seluruh penjuru dunia yang menarik semakin mengangkat eksistensi olah raga ini,” ungkap Deni setelah diskusi. Sepak bola menjadi sebuah sport communication yang populer tentu memiliki hubungan yang sangat erat antara media dan audiens. Tampilan media dan menyiarkan pada publik akan berbeda sesuai target audiens. Tayangan informatif sekarang berubah menjadi entertaiment information, tetap memberi informasi namun dengan sudut pandang yang diangkat berbeda. Misalnya, momen pemain bola mencetak gol yang mengundang kontroversi, sisi tersebut yang akan ditonjolkan dalam media sehingga sepak bola semakin dikenal semua kalangan.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube