header-int

Forum Studi Komunikasi: Media Komunitas Membangun Partisipasi Masyarakat

08 March 2018
Share Facebook Share

Pada dinamika masyarakat, ada beragam hal yang terjadi misalnya bencana alam. Masyarakat membutuhkan media yang dapat memberikan informasi sekaligus pusat informasi pada saat genting tersebut. Media komunitas merupakan media yang mampu menjadi media yang pertama kali memberikan informasi kepada masyarakat pada situasi tersebut. Selain itu media komunitas dapat menjadi sarana untuk menyampaikan keluhan dan aspirasi masyarakat kepada pemegang kepentingan di tingkat lokal.

Melihat dinamika media komunitas untuk terus menggiatkan partisipasi warga sekaligus menjadi pusat informasi ideal di tingkat lokal, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan Forum Studi Komunikasi (FSK), Rabu (7/3). FSK yang diadakan di Ruang 4207 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kampus 4 UAJY ini mengangkat tema Media Komunitas Membangun Partisipasi Masyarakat.

1

Terdapat 65 peserta yang berasal dari berbagai mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta mengikuti acara ini. Pembicara yang diundang adalah Sinam M Sutarno, ketua Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) dan Mario Antonius Birowo, Ph.D, dosen Ilmu Komunikasi FISIP UAJY serta moderator Yohanes Widodo,M.Sc yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi FISIP UAJY. FSK kali ini akan berupa diskusi yang melibatkan dosen dan mahasiswa supaya dapat mengembangkan paradigma mengenai media dalam ranah komunikasi.

“Tujuan diadakan acara ini yaitu untuk menjembatani antara dunia akademik dengan realitas di lapangan sehingga memunculkan ide-ide penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat demi perkembangan ilmu komunikasi itu sendiri. Sehingga dalam acara ini hasil-hasil penelitian dapat dibagikan ke masyarkat,” Jelas Irene Santika selaku Koordinator FSK.

“Radio komunitas mampu menjadi penguat wanita. Banyak lahir kader-kader wanita melalui radio komunitas yang dulunya tidak mau bersuara menyampaikan aspirasi dan kepentingannya,” kata Sinam.

“Saya berharap radio komunitas dapat berkolaborasi dengan media lain untuk menguatkan masyarakat,” tambah Sinam.

Radio komunitas memiliki perjalanan yang cukup panjang. Pada zaman dahulu radio komunitas merupakan radio gelap karena tidak memiliki izin. Namun seiring perkembangan zaman, radio komunitas berkembang dan sudah memiliki izin.

“Radio komunitas hadir karena masyarakat memiliki kepentingan. Jika orang tidak peduli dengan kita maka jangan tergantung dengan orang lain. Kita harus bisa berdiri sendiri,” kata Mario.

2

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube