1
header-int

FSK UAJY Gelar Webinar “Pelatihan Penulisan Press Release dan Jurnalistik”

18 February 2021
Share Facebook Share

Forum Studi Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FSK UAJY) menggelar webinar bertajuk “Pelatihan Penulisan Press Release dan Jurnalistik”. Webinar dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pada Selasa, 9 Februari 2021 mengenai penulisan press release bersama narasumber Ike Devi Sulistyaningtyas, S.Sos., M.Si. serta Brahma Putra Pratama S.S., M.Si. sebagai moderator. Sesi kedua diadakan pada Selasa, 16 Februari 2021 merupakan sesi penulisan jurnalistik bersama narasumber Olivia Lewi Pramesti, S.Sos, M.A. dengan moderator oleh Caecilia Santi Praharsiwi, S.I.Kom, M.A.

Pelatihan yang dilakukan secara daring melalui Zoom ini dilaksanakan khusus untuk mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY dengan tujuan membantu memahami perbedaan terkait penulisan press release dan jurnalistik.

“Pelatihan ini disertai praktik menulis press release, sehingga peserta tidak hanya mendengarkan saja,” jelas Ike.

WhatsApp Image 2021-02-22 at 15.39.11 (1)

Ike juga menjelaskan bagaimana perbedaan dari penulisan press release yang menjadi bagian dari public relations dengan penulisan jurnalistik. Penulisan press release menurutnya seperti ilmu dan seni yang dikombinasikan.

Narasumber lainnya, Olivia Lewi mengungkapkan bahwa ada perbedaan dari berita jurnalistik dengan press release. Berita jurnalistik dibuat untuk kepentingan publik, memiliki nilai berita, berdasarkan fakta, dan ada proses produksi berita di mana keputusan tayang berada di tangan redaksi.

Press release digunakan sebagai sumber informasi ketika mengadakan peliputan berita,” ungkap Lewi.

Menurut Lewi, wawancara adalah jantung dalam sebuah reportase atau sebuah peliputan. Di penghujung acara, moderator menyampaikan kesimpulan dari webinar tersebut yaitu dalam melakukan sebuah penulisan wajib memerhatikan kode etik dan memenuhi standar penulisan di media massa.

WhatsApp Image 2021-02-22 at 15.39.11 (2)

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube