header-int

FT-UAJY Gelar Research Week

05 April 2017
Share Facebook Share

Karya penelitian dan publikasi memiliki nilai penting bagi dosen dan institusi. Usaha untuk mendorong karya penelitian serta memunculkan semangat menulis dan meneliti di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) salah satunya adalah dengan memfasilitasi melalui kegiatan/event yang mampu mendukung dosen dalam melaksanakan karya penelitian dan publikasi.

Berangkat dari hal tersebut, Fakultas Teknik (FT) UAJY mengadakan  Research Week bagi semua dosen FT. Research Week ini baru diadakan pertama kali dan akan diisi dengan presentasi pakar penelitian, presentasi dosen FT dan  berbagi pengalaman meneliti sesama dosen. Selain itu, diadakan pameran penelitian dosen di Lobby Kampus Thomas Aquinas Babarsari, mulai tanggal 3 – 10 April 2017. Pembukaan pameran (3/4) dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia Research Week, Noor Zakiy Mubarrok, ST.,Ars, M.Ars dan Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D. Hadir pula dalam acara tersebut Assoc. Prof. Johannes Widodo dari National University of Singapore.

Tujuan diadakannya acara ini diantaranya untuk menumbuhkan iklim penelitian yang berkualitas di lingkungan Fakultas Teknik UAJY. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi sarana publikasi internal karya Dosen FT dan ajang pengenalan untuk penelitian lintas program studi, melalui pameran karya penelitian dosen.

DSC_2950

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D mengajak untuk membangun kultur penelitian yang kurang diperhatikan karena terlalu fokus pada pengajaran di kelas.

“Kami mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk membangun kultur penelitian. Penelitian bisa timbul dari kehidupan kita sehari-hari dan saya kira dengan adanya acara ini kita rehat sejenak untuk pengembangan penelitian,” jelas Yoyong.

Menurut Ketua Panitia Noor Zakiy Mubarrok, ST.,Ars, M.Ars, telah masuk sekitar 42 penelitian dari para dosen Fakultas Teknik. Harapannya hasil penelitian tersebut dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan nantinya dapat diimplementasikan di masyarakat.

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube