header-int

FTB UAJY dan Dishutbun DIY Tanam 2000 Pohon Jati dan Jeruk di Gunungkidul

04 February 2019
Share Facebook Share

Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY mengadakan penanaman 2000 bibit pohon di Kawasan Hutan Produksi Petak 84, Playen, Gunungkidul, Sabtu (26/1).

Adapun bibit yang ditanam adalah bibit jati dan jeruk. Kedua tanaman ini dinilai memiliki tingkat ekonomi yang tinggi dan mudah dalam segi perawatannya.

3

Mardiyono dari KPH Playen menyatakan bahwa penanaman ini merupakan inspirasi bagi peningkatan ekonomi para petani.“Pada penanaman 2 tahun ini (2018-2019) kami mencoba untuk memberikan bibit buat untuk mengembangkan wawasan petani pada tanaman buah. Hal ini juga akan menjadi referensi baru untuk mencukupi kebutuhan ekonomi warga selain dari tanaman palawija dan kayu,” jelasnya.

Tahun ini adalah tahun ketiga diadakannya penanaman oleh FTB di Kawasan Hutan Produksi petak 84 ungkap Dr. Dra. E. Mursyanti, M.Si,   Dekan FTB UAJY. “Pada tahun ini, tahun ketiga diadakannya penanaman di petak 84, kita menanam 2000 bibit, di tahun pertama 1000 bibit dan tahun kedua 2000 bibit”.

Penanaman yang dilaksanakan dalam rangkaian Hari Menanam Pohon Indonesia ini dimaksudkan agar para partisipan ikut andil dalam aksi kepedulian terhadap lingkungan hidup dan juga peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Dampak nyata yang diharapkan adalah kebutuhan ekonomi masyarakat nantinya terpenuhi lewat perkebunan tanpa harus mengambil dari hutan lagi.

2

 

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube