header-int

FTB UAJY Gelar Olimpiade Biologi 2018

11 February 2018
Share Facebook Share

Begitu pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam menjamin kelangsungan hidup suatu bangsa, sehingga secara ekstrem sering dikatakan bahwa IPTEK adalah pemegang kekuasaan yang sesungguhnya di dalam negara. Eksistensi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan penentu dan berada di depan, melampaui bidang-bidang perdagangan, politik, dan bahkan militer. Meskipun dipandang sebagai sesuatu yang mutlak dipertahankan dan dikembangkan, namun kata kunci dalam pengejahwantahannya tetaplah terletak pada keseriusan dunia akademis menyikapi hal tersebut, khususnya dalam bidang pengembangan IPTEK demi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Indonesia yang lebih baik.

edit6

Sebagai salah satu negara di bumi yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar (megadiversitas) di dunia, sudah semestinya SDM Indonesia memiliki andil dan tanggung jawab yang tidak kecil terhadap kemajuan IPTEK, khususnya di bidang bioteknologi. Seiring dengan itu, kompleksitas persoalan yang berkelindan menghadirkan tantangan lain yang tak kalah pelik. Persoalan kemiskinan dan pengangguran, globalisme ekonomi, tanggung jawab sosial, penerapan norma-norma moral dan etika, keanekaragaman tenagakerja, pergeseran konfigurasi demografi dan politik, pelestarian lingkungan hidup, serta peningkatan kualitas hidup adalah beberapa contoh yang juga membutuhkan penanganan segera.

edit3

Menyadari hal tersebut maka Fakultas Teknobiologi (FTB-UAJY) kembali menggelar Olimpiade Biologi tingkat SMA pada hari Sabtu (10/2/2018). Olimpiade Biologi merupakan event rutin tahunan yang telah terselenggara sejak 2007 sehingga di tahun 2018 ini telah mencapai kali keduabelasnya. Topik lomba kali ini meliputi Bioteknologi, Biologi Molekuler, Bioinformatika, Biokimia, Biologi Sel, Genetika, Ekologi, Evolusi, Etiologi, Biodiversitas, Anatomi, Fisiologi, dan Morfologi. Dengan jumlah peserta yang dari waktu ke waktu semakin bertambah, event ini pantas dikembangkan menjadi wahana kompetisi sains yang semakin berkualitas.

Sebagaimana event serupa sebelumnya, para guru sekolah yang muridnya mengikuti olimpiade mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan. Kali ini pelatihan meliputi proses  pembuatan dan uji coba yoghurt yang dilaksanakan di Laboratorium Pangan FTB-UAJY, serta pelatihan hidup sehat tanpa obat di Laboratorium Industri FTB-UAJY.

edit5

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknobiologi, Dr. E. Mursyanti, M.Si. mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan olimpiade adalah meningkatkan peran serta FTB-UAJY dalam pembangunan bangsa, sekaligus menggali potensi serta mendorong prestasi belajar siswa SLTA dengan cara mengkompetisikan materi ilmu pengetahuan Biologi sehingga dapat menumbuhkan perasaan cinta terhadap ilmu biologi.  Selain itu, event tahunan ini juga merupakan upaya konkrit dari FTB-UAJY dalam usaha mencetak bibit-bibit unggul yang mampu bersaing dalam  perkembangan IPTEK, khususnya di bidang bioteknologi yang mengalami perkembangan luar biasa.

edit4

Wakil Rektor I UAJY, Dr. The Jin Ai, M.Eng, dalam olimpiade ini juga memberikan sambutan penutup.

“Moment ini hendaknya bisa menjadi pemicu bagi para peserta untuk lebih tekun dan lebih bersemangat di dalam berkompetisi untuk kemajuan dan kesejahteraan nusa dan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Seperti olimpiade FTB-UAJY sebelumnya, maka olimpiade Biologi Tahun 2018 kali ini juga diakhiri dengan pengumuman para pemenang. Adapun para siswa yang  telah berprestasi memenangkan kompetisi kali ini adalah :

No. Nama Asal Sekolah Juara
1. Ketut Shri Satya Wiwekananda SMA Taruna Nusantara I
2. Flaviana Andriani Kusuma Putri SMA Negeri VIII Yogyakarta II
3. Jonathan Maximilian Surya Atmaja SMA Negeri V Surabaya III
4. Danial Habri Arsyi SMA Negeri I Manyar Gresik IV
5. Hannisa Fazania Hasna SMA Negeri I Yogyakarta V

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube