header-int

FX. Soedijana, S.H, Pembina Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta Berpulang

18 January 2019
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kehilangan salah satu sosok penting dalam perkembangan kemajuan universitas. Rabu (16/1/19), Alm. Franciscus Xaverius Soedijana, S.H. dipanggil menghadap Tuhan dalam usia 93 tahun di Yogyakarta. Alm. FX. Soedijana, S.H. pernah mengemban tugas sebagai Ketua Presidium UAJY pada tahun 1977–1979. Kemudian pada tahun 1981–1982 menjabat sebagai wakil ketua Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Selain itu menjabat sebagai ketua pelaksana Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta pada tahun 1982–1985 dan menjadi ketua Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta  pada tahun 1985–1994.

Kamis (17/1/19), diadakan Misa Requiem di Lobby Gedung Thomas Aquinas, Kampus II UAJY. Misa Requiem dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB, dipimpin oleh Uskup Keuskupan Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko Pr. beserta tujuh romo konselebran di antaranya Rm. Robertus Tri Widodo, Pr., Rm. St. Suratman Gitowiratmo, Pr., Rm. Andrianus Maradiyo, Pr., Rm. Andreas Sulardi, Pr., Rm. Ave, dan Rm. Yoseph Riang, SVD.

3

Misa requiem dihadiri oleh Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., LL.M., selaku Rektor UAJY beserta jajarannya, dosen, dan civitas UAJY beserta pelayat dari luar UAJY. “Beliau adalah sosok yang sangat berjasa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, terakhir beliau berkarya menjabat sebagai Pembina Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta. Terkadang beliau juga masih menyempatkan diri untuk hadir dalam upacara wisuda mahasiswa,” ucap Nurhartanto dalam sambutannya.

Di mata keluarga, Alm. FX. Soedijana, S.H sangat perhatian terhadap keluarganya. Alm. FX. Soedijana merasakan bahwa keluarga besar ini merupakan salah satu anugerah Tuhan yang diberikan kepadanya. “Bapak selalu mengecek kemajuan cucu-cucunya, meskipun Bapak seringkali lupa nama lengkap cucu-cucunya. tetapi ia ingat betul “siapa belajar tentang apa” dan selalu menanyakan tentang kondisi mereka,” ungkap MG. Adiyanti, putri Alm. FX. Soedijana, S.H sekaligus perwakilan dari keluarga.

Setelah misa requiem, Alm. Franciscus Xaverius Soedijana dimakamkan di Makam UGM Sawitsari pada pukul 13.00 WIB.

1

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube