header-int

Gelar Short Course, UAJY Kenalkan Kebudayaan Indonesia Melalui Jamu

01 August 2018
Share Facebook Share

Senin (23/07/18) Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) berkolaborasi dengan Kantor Kerjasama dan Promosi menyelenggarakan program Short Course bertema “Engage With Exotic Herbal Drink (Jamu)”, yang diselenggarakan pada tanggal 23–28 Juli 2018.  Bertempat di Ruang Diskusi Kampus II Gedung Thomas Aquinas, short course ini dibuka oleh Ign. Agus Putranto, M.Si selaku kepala Kantor Kerjasama dan Promosi UAJY, Wang Sheng-Yuan dari Nanjing Xiaozhuang University, dan Dr. Dra Exsyupransia Mursyanti, M.Si selaku Dekan Fakultas Teknobiologi UAJY.

3

Kegiatan yang berlangsung selama 1 minggu penuh ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Fakultas Teknobiologi UAJY dan diikuti oleh beberapa mahasiswa asing dari Nanjing Xiaozhuang University, Kasetart University, Fiji Islands, Timor Leste, Rwanda, Nepal, dan Mali.

“Hal yang akan kita lakukan di hari pertama ini lebih berfokus pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk para mahasiswa asing, dengan tujuan agar mereka tidak mengalami kendala bahasa selama berkegiatan. Terutama untuk istilah-istilah dalam pembuatan jamu yang tentunya asing bagi mereka. Lalu kemudian akan dilanjutkan dengan pengenalan Herbal Medicine dari Indonesia dan China,” ungkap Dwi Rini Harjanti, Wakil Kepala Bidang Kerjasama KKP UAJY.

2

Selama kegiatan para mahasiswa tersebut diberikan kesempatan untuk aktif terlibat dalam setiap rangkaian kegiatan mulai dari mengidentifikasi tanaman, mencicipi bahan mentah, menguji antioksidan, menggambar karakter tanaman, sampai pada proses pembuatan jamu dan membuat label packaging sendiri. Jenis jamu yang diproduksi adalah jamu kunyit asem, namun para peserta diminta untuk memodifikasi sendiri menggunakan bahan-bahan herbal yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Setelah itu, pada akhir kegiatan para mahasiswa tersebut juga diwajibkan untuk mempresentasikan jamu yang sudah mereka racik sendiri.

“Mereka merasa sangat senang sekali karena sebelumnya mereka tidak pernah merasakan pengalaman seperti ini. Bahkan di antara mereka tidak ada yang berlatarbelakang pendidikan biologi atau pendidikan apapun yang bersinggungan dengan ini. Di sini mereka berkesempatan untuk mencicipi bahan-bahan yang tentunya asing bagi mereka dan mereka juga merasa sangat bangga dengan produk jamu yang mereka buat sendiri,” ungkap Ines Septi Arsiningtyas, Ph.D., Apt., Wakil Dekan 3 Fakultas Teknobiologi UAJY.

4

Selain itu, kegiatan ini juga ikut melibatkan pengrajin lokal seperti LAWE Indonesia dalam pembuatan kemasan jamu berbentuk pouch dengan menggunakan kain-kain tradisional. Para peserta juga diajak untuk mengikuti kegiatan kunjungan lapangan ke Sidomuncul Semarang untuk melihat proses pembuatan jamu berskala modern.

###

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube