header-int

Grand Opening Chinese Corner UAJY

15 March 2019
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) meluncurkan Chinese Corner yang diadakan bekerjasama dengan Nanjing Xiaozhuang University (NXU), Jumat (15/3/2019) di Basement Perpustakaan UAJY. Dalam Grand Opening Chinese Corner tersebut dihadiri oleh Vice President NXU, Mr. Prof Zhang Bo, Mr. Duan Jiye (Dean School of Tourism and Social Administration), Mr. Xie Jichen (Deputy Dean, School of Business), Mr.Chen Quanzhan (Deputy Dean, School of Food and Science), Mr. Cheng Luqing (Staff of Internasional Exchange Office), serta Mr. Haiyong Wu, Ph.D. (Lecturer of School of Information and Engineering). Dari UAJY diwakili oleh Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M, Rektor UAJY, para wakil rektor dan segenap pimpinan unit.

Chinese Corner tersebut secara bertahap akan dilengkapi dengan buku sejumlah 1.000 serta barang-barang seni China. Dengan keberadaan Chinese Corner ini diharapkan mahasiswa dan civitas akademika UAJY dapat semakin memahami negara dan masyarakat China melalui berbagai sisi, salah satunya adalah budaya.

“Ini merupakan kerja sama yang erat antara Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan Nanjing Xiaozhuang University. Dengan dibukanya Chinese Corner ini diharapkan para mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta bisa mengoptimalkan segala pencarian dan penggalian informasi yang berkaitan dengan negara China,” ujar Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., LL.M, Rektor UAJY.

China corner_1

Kerja sama antara Nanjing Xiaozhuang University (NXU) dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) telah dimulai sejak akhir tahun 2016. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain student dan staff mobility melalui program student exchange dan short course program yang diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Teknik Industri, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Teknik Sipil dan lainnya.

Staff Mobility Program terselenggara dengan menghadirkan dosen dari NXU untuk menjadi narasumber dan peserta dalam Short Course Program yang diselenggarakan Fakultas Teknobiologi UAJY bersama dengan tiga mahasiswa mereka, serta sebagai narasumber dalam konferensi yang diselenggarakan Program Teknik Informatika UAJY. Untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan, khususnya layanan literasi untuk mahasiswa, UAJY juga memperhatikan pengembangan kemampuan staf. Untuk itu pada bulan November 2018 Kepala Perpustakaan UAJY berkunjung ke NXU diikuti dengan pemagangan staf Perpustakaan UAJY untuk mempelajari sistem layanan perpustakaan modern.

China corner_3

Kerja sama lain yang telah ditindaklanjuti oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomi dan Teknologi Industri adalah Program 2+2 untuk program S1 pada Program Studi Manajemen dan Teknik Industri. Dalam dokumen yang telah disepakati bersama, kerja sama yang dilakukan dengan NXU bukan hanya berhubungan dengan aspek akademis semata, namun juga akan menyentuh budaya China maupun Indonesia.

Selain program – program tersebut, dalam bulan Maret 2019 ini juga akan diselenggarakan Short Course Program yang dikelola oleh Program Studi Teknik informatika bagi 52 mahasiswa NXU dengan tema “Exploring Javanese Heritage Through Information Technology.”. Program ini terdiri dari kegiatan perkuliahan di kelas, kunjungan industri, kunjungan wisata dan pengenalan budaya Jawa yang dilengkapi kursus singkat Bahasa Indonesia. Kegiatan seperti ini juga akan terus diselenggarakan setiap tahun dengan melibatkan program-program studi lainnya.

China corner_4

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube