header-int

Greg Poulgrain Launching Buku “Bayang Bayang Intervensi” di UAJY

09 September 2017
Share Facebook Share

Dr. Greg Poulgrain seorang penulis dan dosen Sejarah Politik Indonesia dari Sunshine Coast University, Brisbane, Australia melakukan launching buku yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) bekerja sama dengan Pusat Kajian Demokrasi dan Hak-Hak Asasi Manusia Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (PUSDEMA) dan Galangpress. Launching dan bedah buku tersebut diselenggarakan di Ruang III/4 Pasca Sarjana Gedung Bonaventura UAJY pada Jumat (8/9).

Acara ini menghadirkan tiga pembicara yakni Dr. Greg Poulgrain sebagai penulis, Romo Dr. Baskara T. Wardaya SJ, sejarawan dan pemimpin PUSDEMA Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, serta FX. Bambang KP, M.A. yang merupakan sosiolog UAJY dan dimoderatori oleh Dr. Phil. Lukas S. Ispandriarno, Dosen dan Kepala Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UAJY.

IMG_7034

Terdapat sekitar 56 peserta yang mengikuti acara ini mereka terdiri dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, jurnalis, sejarawan dan juga teman-teman aktivis dari Papua, karena diskusi ini adalah diskusi akademis yang erat dengan isu Freeport yang dinilai sangat penting untuk pengetahuan masyarakat.

“Sejak awal berdirinya, Freeport sudah sarat kontroversi. Ekspansi bisnis perusahaan asal Amerika Serikat itu masuk saat peralihan rezim Sukarno ke Soeharto. Sehingga praktis, Freeport menginjakan kaki di tanah Papua sewaktu Sukarno tak lagi punya kuasa dan kedigdayaan berada di tangan Soeharto,” jelas Greg.

IMG_7057

Selama 30 tahun, Greg Poulgrain membongkar fakta-fakta yang menguatkan dugannya itu lewat sumber primer maupun sekunder bahkan mewawancarai langsung tokoh-tokoh kuncinya.

“Alan Dulles berusaha menggulingkan Sukarno karena sudah lama ia mengincar kekayaan alam Indonesia bahkan sebelum John F. Kennedy mempimpin Amerika Serikat,” ungkap Greg.

Acara ini diharapkan agar dapat membuka wawasan peserta diskusi dan juga masyarakat tentang sejarah politik yang berhubungan dengan Papua tentang isu Freeport yang dinilai sangat penting dan juga menjadi perhatian para akademisi dan  pemerintah.

IMG_7082

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube