header-int

Ikatan Alumni FH UAJY Adakan Seminar bersama Bawaslu DIY

19 November 2018
Share Facebook Share

Sabtu (17/11), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan seminar sehari bersama dengan Bawaslu di Ballroom Crystal Lotus Hotel Yogyakarta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh ikatan alumni Fakultas Hukum UAJY ini mengambil tema “Mengembalikan Fungsi Bawaslu dalam Koridor Pengawasan Pemilu”.

Para alumni FH telah mengambil peran yang besar dalam terselenggaranya kegiatan seminar sehari ini, meskipun kegiatan pemilihan pemilu masih lama namun para alumni berharap agar peserta sudah memiliki bekal untuk menjadi seorang pemilih yang baik. Hal tersebut diharapkan oleh Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti, SH., M.Hum., selaku dekan FH UAJY dalam sambutannya.

Seminar bersama Bawaslu ini dihadiri oleh lima pembicara:

  1. Bagus Sarwono, S.Pd. Si, MPA., selaku ketua Bawaslu Provinsi DIY
  2. Yudi Krsitiana, S.H., M.Hum., Kepala Kejaksaan Negeri Salatiga
  3. Hestu Cipto Handoyo, S.H., M.Hum., Pakar Hukum Tata Negara dan dosen Fakultas Hukum UAJY
  4. W. Riawan Tjandra, S.H., M.Hum., Pakar Hukum Administrasi Negara dan dosen Fakultas Hukum UAJY
  5. Phil. Lukas S. Ispandriarno, Pakar Komunikasi Politik dan dosen FISIP UAJY

Kelima pembicara memaparkan materi sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing-masing yang memantik pertanyaan yang diutarakan oleh para peserta di setiap sesi yang ada. Dalam kesempatan ini, para alumni FH menjadi pihak yang sangat penting karena memiliki peran dan berperan besar dalam berlangsungnya seminar. Pemilu merupakan cara berkomunikasi aktor politik baik itu antar mereka atau dengan media dan publik, sehingga menyebabkan komunikasi politik dapat terjadi.

2

Namun tantangan terbesar di era informasi saat ini adalah berita hoaks yang bisa saja bermunculan untuk menjatuhkan tokoh politik yang maju dalam pemilu. Namun pemilu berasaskan LUBER JURDIL tetap harus terjadi di Indonesia dan itu menjadi salah satu tugas Bawaslu untuk mengawal berlangsungnya kegiatan pemilu dari kampanye hingga pencoblosan. Seperti yang dikatakan oleh Riawan Tjandra, S.H., M.Hum., sesuai dengan UU no. 30 tahun 2014 tentang fungsi Bawaslu.

Pemilu menjadi syarat mutlak suatu negara demokratis, Bagus Sarwono, S.Pd. Si, MPA., mengatakan bahwa ketika pemilu tahun 2019 akan banyak generasi milenials yang akan menjadi pemilih baru. Dan untuk mahasiswa atau para perantau, diharuskan mengurus surat pindah pemilih atau A5 paling lambat tanggal 17 Maret 2019 sesuai dengan peraturan de jure yang mewajibkan derah pilih sesuai dengan yang tertera di KTP.

Bagus dan 4 orang rekannya di DIY akan bekerja mengawal pemilu mulai dari tanggal 23 September lalu hingga 13 April mendatang. Bagus juga berharap kepada para generasi milenials supaya cerdas dalam bermedia sosial.

“Harapannya semoga generasi milenials tidak ikut membuat dan menyebarkan hoax.  Memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melihat pendidikan politik yang baik, visi-misi dan program yang diberikan masing-masing peserta pemilu. Menjadi sarana untuk mengawasi dan memantau sehingga ketika nanti ada dugaan pelanggaran bisa melaporkan dan bekerja sama dengan Bawaslu,” ungkapnya.

3

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube