header-int

Jalan Sehat Komunitas Awali Rangkaian Acara Dies ke-49 UAJY

21 July 2014
Share Facebook Share

Mengawali rangkaian acara Dies Natalis Ke-49 yang bertemakan,  “Meniti Pembangunan Berkelanjutan Berlandaskan  Keunggulan Jiwani dengan Sikap Inklusif dan Humanis demi Kelestarian Alam”, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan Jalan Sehat bersama Komunitas, pada Minggu (20/7/2014). Jalan sehat yang diikuti sekitar 700 peserta ini, diawali dengan pengibaran bendera start dan pelepasan balon berhadiah oleh Rektor UAJY, Dr. R. Maryatmo, MA.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa setiap memulai rangkaian upacara Dies Natalis selalu diawali dengan acara jalan sehat. Menurut Rektor, “jalan“ dalam filosofi Jawa memiliki makna simbolis dalam kaitannya dengan tahapan atau proses kehidupan pada umumnya dan keberlangsungan UAJY pada khususnya. “Dalam Bahasa Jawa, “jalan” bermakna sebagai “laku (prihatin)”, papar Rektor. Hakekat dan tujuan dari laku prihatin, antara lain adalah agar usaha  manusia untuk menjaga jalan kehidupannya selalu selaras dengan ajaran budi pekerti dan kesusilaan, serta  menjaga agar kehidupan manusia selalu memperoleh karunia sehingga selamat dan sejahtera dalam lindungan Tuhan. Dalam menjalankan “laku” seseorang juga dituntut untuk  selalu bersikap positif dan menjauhi hal-hal yang bersifat negatif dan tidak bijaksana, demi menjaga keharmonisan kosmos, terlebih lagi, dalam konteks menuju 50 tahun UAJY ini.

Acara yang diikuti oleh civitas akademika UAJY beserta keluarga tersebut menempuh route sepanjang kurang lebih 2,5 Km. Start dan finish di Kampus II, Thomas Aquinas. Dari kampus Thomas Aquinas peserta berjalan kaki ke a rah kiri melewati Jl. Babarsari. Sampai di perempatan depan Unprok, peserta menuju ke arah barat melewati Jalan Kledokan, dan finish melalui pintu belakang Kampus II, Gedung Thomas Aquinas. Acara dilanjutkan dengan berbagai lomba untuk anak-anak, pembagian door prize dan hiburan. (one 20/7)

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube