1
header-int

Kelas Filmologi FISIP UAJY Gelar Webinar “Diskusi Jurnalisme Film”

15 September 2021
Share Facebook Share

Kelas Filmologi di Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar webinar bertajuk “Diskusi Jurnalisme Film”, Selasa (14/09/2021). Acara ini dirancang oleh R.A. Vita Astuti, Ph.D., selaku dosen pengampu kelas Filmologi dengan dukungan kepanitiaan dari Kelompok 2 yang terdiri dari I Ketut Agus Arta Diva Anggara, Jennifer, Antonia Rosita Pujiyatiningsih, Shania Hendra Gunawan, Benedikta Ave Martevalenia, Joshephine Maretta, Marsha Bremanda T.R., dan Irvan Abdi Bastian. Webinar diadakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting yang dimulai pada pukul 16.00 WIB. Webinar dipandu oleh dua moderator dari kelompok yaitu Jennifer dan Bastian.

Diskusi dihadiri oleh kurang lebih 65 peserta yang berasal dari berbagai institusi. Selain mahasiswa kelas Filmologi, terdapat peserta dari Magister Ilmu Komunikasi UAJY, Praktisi Jender dan Peacebuilding di Jerman, Associate Founder Kisahpedia, serta alumni prodi Ilmu Komunikasi UAJY. Webinar ini menghadirkan M. Hilmi Faiq, selaku Redaktur Desk Budaya Harian Kompas sebagai narasumber.

Filmologi 1

Selama webinar berlangsung, Faiq mengingatkan bahwa sebagai wartawan film, tidak boleh lupa dengan sepuluh elemen jurnalisme secara umum. Poin-poin tersebut jika disimpulkan yaitu menetapkan kebenaran sebagai perspektif utama dan memperhatikan sisi subjektif serta objektif suatu peristiwa.

“Kebenaran menjadi hal yang utama dalam jurnalisme,” ungkap Faiq.

Selain itu, Faiq juga menjelaskan mengenai jurnalisme film itu sendiri. Hal-hal yang harus diterapkan seorang jurnalis saat meliput atau menulis suatu film yaitu menganggap film sebagai sebuah teks. Artinya, dalam ranah jurnalisme film tidak diperkenankan untuk menuliskan atau menceritakan isi film. Faiq juga memberi catatan bahwa beberapa hal yang bisa dimasukkan dalam tulisan yaitu memberi konteks terkait film, narasi dan metanarasi, atau mengeluarkan kritik yang bersifat proporsional.

“Film itu dengan sendirinya adalah sebuah narasi. Oleh sebab itu, penulis film seharusnya bisa menunjukan metanarasi atau hal-hal penting dalam film,” ungkap Faiq.

Setelah memaparkan materi, webinar diselingi dengan kegiatan untuk merilekskan peserta tapi berilmiah dengan kuis menggunakan website Kahoot.id. Kuis terdiri dari 10 pertanyaan pilihan ganda seputar film yang bisa dijawab oleh partisipan. Dari kuis tersebut diambil empat orang pemenang dan berhak mendapatkan hadiah berupa e-money yang sudah disiapkan oleh panitia.

Filmologi 3

Setelah sesi kuis berakhir, webinar dilanjutkan ke sesi tanya jawab. Di sesi ini, panitia menampilkan beberapa pertanyaan yang sebelumnya sudah dituliskan oleh para peserta melalui link google form yang disediakan. Antusiasme peserta terlihat jelas dari banyaknya pertanyaan yang diajukan baik melalui link google form maupun yang ada di kolom chat. Ragam pertanyaan pun menarik, dari seputar kegiatan jurnalisme sampai kepada analisis Faiq tentang perkembangan film dan kualitas sineas di Indonesia.

Disampaikan juga tips dan tricks menulis artikel berita tentang kondisi bioskop di Kalimantan, Faiq menyarankan, “Cara menulisnya bisa follow the people, bercerita tentang orang. Misalnya mewawancarai petugas pemutar proyektor, lalu dilihat aktivitasnya seperti apa dan ajak dia bernostalgia tentang kejayaan bisokop tersebut.”

Namun, karena keterbatasan waktu, beberapa pertanyaan pun masih ada yang belum sempat terjawab via zoom tapi dilanjutkan dengan diskusi via chat. Di penghujung acara, webinar ditutup dengan sesi dokumentasi dan closing statement dari Faiq dan Vita.

###

 

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube