header-int

Kobe Gakuin University dan UAJY Adakan Program Pertukaran Mahasiswa

10 September 2019
Share Facebook Share

Kobe Gakuin University bekerja sama dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan exchange program yang bertema “Field Study on Community Based Disaster Risk Management Around Yogyakarta” dengan agenda mempelajari manajemen komunikasi bencana di daerah rawan bencana dan terdampak bencana yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini berlangsung pada 9-14 September 2019. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 14 orang, 6 orang mahasiswa perwakilan mahasiswa UAJY dan 8 orang mahasiswa Jepang.

Pembukaan acara dilakukan pada Senin (9/9/2019) bertempat di Ruang Seminar Kampus 4 Gedung Teresa UAJY. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Jepang. Selanjutnya sambutan diberikan oleh Dekan FISIP UAJY FX. Bambang Kusumo Prihandono, M.A dan perwakilan Kobe Gakuin University Prof. Makoto Yasutomi.

3

“Salah satu agenda kegiatan ini adalah mengunjungi Museum Gunung Merapi di Kaliurang dan kantor yang mencatat data seismograf Gunung Merapi,” ujar Mario Antonius Birowo, Ph.D, Dosen FISIP UAJY.

Peserta juga akan mengunjungi daerah terdampak bencana gempa tahun 2006 di Bantul dan mempelajari bagaimana mereka bisa bangkit dari bencana tersebut

“ Saya berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kedua Negara,” tambah Anton.

Acara dilanjutkan dengan penampilan tarian Tor-Tor dari mahasiswa UAJY sebagai bentuk pengenalan salah satu kesenian dari Indonesia, sedangkan dari mahasiswa Kobe Gakuin University mengajarkan tentang kerajinan khas mereka yaitu Mizuhiki dan Origami.

2

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube