header-int

Komutasi FH UAJY Gelar Webinar “New Normal: Tatanan Hidup dengan COVID-19”

25 May 2020
Share Facebook Share

Komunitas Anti Korupsi Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KOMUTASI FH UAJY) menggelar webinar melalui aplikasi Zoom dengan tema “New Normal: Tatanan Hidup dengan COVID-19”, Senin (18/5/2020). Webinar ini menghadirkan 2 pembicara, antara lain M. Qodari (CEO Indo Barometer) dan Helmy Yahya (Business & Communication Coach), serta moderator Timothy Ivan Triyono (Alumni FH UAJY dan Founder KOMUTASI FH UAJY). Latar belakang webinar ini karena pandemi COVID-19 yang telah merubah pola kehidupan manusia di seluruh dunia. Perubahan yang terjadi dari berbagai aspek mulai dari gaya hidup sampai gaya bekerja yang saat ini berubah menjadi Work From Home yang telah diterapkan di berbagai perusahaan.

3 (1)

Menurut pengusaha dan pakar bisnis Helmy Yahya bisnis e-commerce dan internet adalah keharusan di tengah pandemi COVID-19. Ruang gerak masyarakat yang terbatas dan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, menjadikan e-commerce dan internet menjadi sarana pemenuhan kebetuhan.

“UMKM adalah salah satu usaha yang memiliki peluang yang sangat luar biasa karena UMKM dapat menyesuaikan dengan keadaan sekarang ini”.

Namun, berbeda halnya dengan perusahaan besar karena perusahaan-perusahaan besar akan semakin sulit melakukan penyesuaian, maka perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang paham akan penyesuaian.

M. Qodari pun menjelaskan bahwa sebenarnya ia pun sudah mempersiapkan perihal kelas seminar online di masa depan, karena adanya perkembangan teknologi. Namun, dengan adanya pandemi COVID-19 persiapan Qodari akan hal itu menjadi lebih cepat dan ia pun menyampaikan bahwa ini termasuk fase new normalnya. Menurutnya banyak kegiatan melalui online ini tidak memperburuk keadaan, karena apabila dipikir kembali, pandemi yang kita alami saat ini membuat kita jauh lebih siaga dalam antisipasi dibandingkan dengan zaman dahulu yang belum banyaknya teknologi sebagai sumber informasi. Selain itu, Qodari juga berpendapat bahwa tantangan terbesar bukanlah COVID-19 lagi, melainkan ancaman perekonomian dan krisis sosial, karena diawali dengan karantina untuk menghindari virus ini sendiri.

“Pesan saya untuk masyarakat, ya jangan menunggu COVID ini selesai, karena pasti tidak dalam waktu dekat. Kita yang harus mempersiapkan diri untuk bertahan hidup,” jelas Qodari.

PicsArt_05-20-11.13.30

Helmy Yahya dan M. Qodari pun berpesan bahwa di tengah pandemi ini janganlah kita banyak mengeluh tetapi tetap harus survive untuk kehidupan masing-masing agar perekonomian dan krisis sosial pun tidak terganggu.

“Misalkan nelayan ketika tidak bisa melaut karena sedang badai, waktunya justru dia gunakan untuk memperbaiki perahu atau jalanya. Apakah ada bagian perahu yang bocor atau bagian jala yang robek. Jadi dikembalikan kepada manusianya, sekarang waktunya kita belajar, seperti ikut webinar sebanyak-banyaknya, dan upgrade skill,” ujar Helmy Yahya.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube