header-int

KPBB Festival : You Are My Hero

10 November 2015
Share Facebook Share

KPP Festival merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap semester sebagai bagian dari program kerja  Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KPBB-UAJY). Event yang digelar pada Sabtu (7/11) kali ini merupakan penyelenggaraan yang ke-6. Dilihat dari antusiasme peserta yang membludak, bisa dikatakan bahwa sebagai salah satu cara dan media untuk mengapresiasi budaya lokal dan mancanegara, KPBB Festival kali ini dinilai sukses. Tak kurang dari 100 peserta yang berasal dari mahasiswa UAJY, umum, mahasiswa BIPA (darmasiswa dan KNB) memadati acara ini. Mengingat bulan November ini merupakan bulan untuk memperingati Hari Pahlawan, yakni tanggal 10 November, maka KPBB Festival mengambil diksi “You Are My Hero”

Sebagaimana diketahui bahwa Hari pahlawan merupakan rangkaian yang tak terpisahkan dari diorama perjuangan bangsa yang diawali dengan sumpah pemuda (28 Oktober), Kebangkitan Nasional (20 Mei), sampai puncaknya kemerdekaan (17 Agustus). Kita harus mampu memahaminya dalam satu tarikan nafas. Hari pahlawan menjadi momen tepat untuk memperkuat kembali jiwa kerelaan berjuang dan berkorban demi kepentingan bangsa. Sedangkan  kata “pahlawan” itu sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta : pahla-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (pahla) yang berkualitas bagi bangsa, negara.

Para peserta KPBB Festival dapat mengikuti workshop, berbagai lomba dan pertunjukan seni sambil mencicipi makanan tradisional seperti bakpia, lemper, kue lapis, pisang goring, sosis solo, kue talam dan lain sebagainya. Adapun selengkapnya rangkaian kegiatan di KPBB Festival adalah :

  1. Workshop dan lomba kaligrafi Jawa (Hanacaraka)
  2. Workshop dan lomba kaligrafi asia (Mandarin, Japanese dan Korean)
  3. Lomba essay dengan tema “Pahlawan Masa Kini.”
  4. Lomba membuat kartu po up dengan tema pahlawan
  5. Lomba membuat karikatur tentang pahlawan
  6. Lomba menghias Bento
  7. Workshop membuat hiasan dari janur
  8. Photo Both baju tradisional Jawa dan Mancanegara
  9. Games dan upload selfie #kpbbfest6 bertema “You Are My Hero”
  10. Pentas seni
UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube