header-int

KPH. Yudhahadiningrat Kunjungi UAJY dan Paparkan Keisitimewaan DIY

17 August 2019
Share Facebook Share

Kanjeng Pangeran Harya (KPH) Yudhahadiningrat bersama dengan M.Ry. Bimo Guritno menjadi pembicara dalam Workshop Jogja Istimewa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pada Jumat (16/8/2019). Workshop ini berlangsung di Ruang III/3 Gedung Bonaventura Kampus III UAJY dengan mengambil tema “Peluang Keistimewaan Yogyakarta dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan yang difasilitasi oleh Kantor Pelatihan Bahasa dan Budaya UAJY ini diikuti oleh 52 orang dosen perwakilan seluruh fakultas di UAJY dengan moderator oleh Hengky Widhi A., S.H., M.H.

KPH. Yudhahadiningrat memaparkan sejarah bagaimana awal mula berdirinya Daerah Yogyakarta dari kerajaan Mataram, Negara Ngayogyakarta Hadiningrat hingga bergabungnya dengan Indonesia.  Menurutnya, perjuangan Sri Sultan HB IX sangat berjasa bagi Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan titik keistimewaan Yogyakarta tidak hanya dilihat dari sejarah perjuangan HB IX namun juga kebudayaan yang hidup seperti bahasa, kesusasteraan, sistem pengetahuan, religi, sistem pemerintahan, seni, upacara adat dan masih banyak lagi.

AAA_1490

Hal tersebut seperti dipaparkan M.Ry. Bimo Guritno yang melihat budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai jati diri bagian dari Indonesia. Tata nilai dan budaya D.I. Yogyakarta saat ini dilihat dari keberanian mengambil resiko, sejak dari gelombang kolonialisme, revolusi nasional dan juga gelombang milenial yang melanda saat ini. Hal tersebut menjadikan sikap dari pemerintah D.I. Yogyakarta untuk merangkul generasi muda untuk menjadi bagian dari pelestari budaya.

“Khusus pada perguruan tinggi Atma Jaya Yogyakarta, jagalah keistimewaan ini dengan baik sehingga betul-betul Atma Jaya ikut berperan di dalam menyejahterakan rakyat Yogya melalui keistimewaan. Saat sekarang pengentasan kemiskinan di Yogya tercepat dalam meredam kemiskinan, sehingga ini yang harus dipacu terus. Sehingga suatu saat nanti cita-cita Gubernur tahun 2022 di Yogya tidak ada lagi yang miskin. Maka mohon dukungan dari kampus Atma Jaya, baik rektorat maupun mahasiswa,” pesan KPH. Yudhahadiningrat.

Kegiatan dari KPBB UAJY ini diakhiri dengan pemaparan materi untuk program Jogja Istimewa yang telah menjadi rangkaian inisiasi bagi mahasiswa baru setiap tahunnya sejak T.A. 2013/2014.

AAA_1417

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube