1
header-int

Kuliah Pembuka UAJY, Mahasiswa Harus Mandiri dan Berpikir Kritis

31 August 2021
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan Kuliah Pembuka Tahun Akademik 2021/2022 pada hari Senin (30/8/21) dengan tema “University’s Contribution to Covid-19 Recovery: Literacy and Sinergy”, melalui Live Streaming Youtube UAJY. Kuliah tersebut mengundang dua pembicara yakni dr. Maria Silvia Merry, M.Sc, Koordinator University Clinic UAJY dan dr. Tirta Mandira Hudhi, seorang dokter dan relawan COVID-19 dengan moderator Yustina Niken Sharaningtyas, S.H., M.H., dosen Fakultas Hukum UAJY

Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D., membuka kuliah dengan menyapa seluruh mahasiswa baru UAJY dan menjelaskan adanya kemungkinan untuk kuliah tatap muka jika situasi sudah memungkinkan.

“Walaupun pandemi belum reda, seluruh mahasiswa ataupun para dosen dapat memulai kuliah di semester ini dengan semangat,” ujar Yoyong.

dr. Maria Silvia Merry, M.Sc, dalam kesempatan kuliah tersebut memaparkan mengenai hal apa saja yang telah dilakukan oleh UAJY untuk mengedukasi, baik dalam penerapan literasi maupun sinergi selama masa pandemi. Ia juga turut menjelaskan kontribusi UAJY dalam pemulihan pandemi COVID-19.

“Selama pandemi, UAJY selalu prepare for the worst. Tujuannya adalah menyebarkan informasi secara proporsional dan tidak membangkitkan ketegangan yang tidak perlu. UAJY dari awal sudah menyebarkan informasi melalui sosial media maupun serial webinar.” jelas dr. Silvia.

2

Pembicara kedua yaitu dr. Tirta Mandira Hudhi, membuka pemaparannya dengan memberikan berita positif terkait pandemi COVID-19 yaitu turunnya kasus positif di Indonesia dan masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama telah mencapai 30%. Meski sudah mulai membaik, namun masyarakat tidak boleh lengah begitu saja.

“Protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan hingga pandemi benar-benar terkendali,” jelas dr. Tirta.

Mengenai kasus hoax yang tersebar di kalangan mahasiswa, dr. Tirta berpendapat bahwa mahasiswa harus mandiri dan mencari informasi yang valid dan teruji tanpa harus diajari atau diarahkan.

“Sebagai anak muda, seharusnya kalian berpikir kritis. Kalau Anda mau statement, ya Anda baca buku. Kalau gak bisa baca buku, cari sumber-sumber terpercaya yang sesuai. Harus menjawab 5W+1H. Kalau tidak bisa menjawab hal itu, berarti itu tidak valid dan tidak dapat dipertanggungjawabkan,” tegas dr. Tirta.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube