header-int

Kuliah Perdana Program Pascasarjana UAJY Bahas Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

23 August 2019
Share Facebook Share

Pariwisata di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini semakin meningkat pesat. Menghadapi era Revolusi Industri 4.0 Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan kuliah perdana bagi mahasiswa baru pascasarjana semester gasal TA. 2019/2020 di Ruang Bima, Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta dengan tema “Pariwisata Indonesia di era Revolusi Industri 4.0” pada hari Kamis (22/8/2019).

IMG_4627

Kuliah perdana tersebut mendatangkan pembicara  yang ahli di bidangnya yaitu Dr. Drs. H. Agus Rochiyardi, MM selaku Direktur Pemasaran Pariwisata BPOB (Badan Pelaksana Otorita Borobudur). Tujuan diselenggarakannya kuliah perdana ini untuk mengenalkan secara umum tentang perkembangan pariwisata di era revolusi industri 4.0. Agus memaparkan mengenai langkah-langkah yang dilakukan oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) untuk perkembangan pariwisata, salah satunya dengan pengembangan Sustainable Tourism Development (SDT) dengan membentuk Sustainable Tourism Observatory (STO) yaitu memberikan pendampingan kepada destinasi wisata, sehingga pariwisata memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Pendampingan ini diharapkan agar kemanfaatan itu bisa terus berlangsung dan dijaga.

IMG_4623

“Kemenpar memberikan penghargaan untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata sustainable yaitu desa wisata Pulesari,” ujar Agus.

Rochiyardi juga menjelaskan mengenai website Genpi Generasi Pesona Indonesia Regional Yogyakarta (GenPIJogja) atau genpijogja.com yang menyajikan informasi event dan perkembangan pariwisata khususnya di Yogyakarta. Adanya pariwisata harus mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, memunculkan kearifan lokal dan menjadi pariwisata yang berkelanjutan.

“Di dalam pembangunan kepariwisataan harus mampu memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya. Diharapkan generasi saat ini dan akan datang mampu dan siap untuk menghadapi perubahan akibat perkembangan pariwisata,” jelas Agus.

IMG_4626

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube