header-int

Kuliah Umum “Pembangunan Ekonomi Nasional : Manusia Sebagai Modal Utama Pembangunan”

01 October 2014
Share Facebook Share

Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FE UAJY) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan thema, “Pembangunan Ekonomi Nasional: Manusia Sebagai Modal Utama Pembangunan”. Acara digelar pada Rabu, 1 Oktober 2014, di Ruang 3.3 Lantai III, Gedung Bonaventura, FE UAJY, Jl. Babarsari. Sebagai pembicara adalah : Prof. Suahasil Nazara (Guru Besar Fakultas Ekonomi UI). Pembahas terdiri dari 2 orang dosen FE UAJY, masing-masing Y. Sri susilo, Dr.(Cand), M.Si. dan A. Sukamto, SE., M.Si.. Bertindak sebagai moderator adalah Ronny Sugiantoro, SE., MM.(Wapamred KR).
Disampaikan oleh Prof. Suahasil Nazara, bahwa meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia tegolong tinggi, angka pengangguran cenderung turun, akan tetapi terdapat persoalan yang amat krusial di negeri ini. Persoalan tersebut adalah semakin meningkatnya ketimpangan, dalam tataran ekonomi makro. Yang membuat kesenjangan itu semakin mencengangkan adalah karena derajad kesenjangan saat ini merupakan angka yang tertinggi selama 50 tahun terakhir, yang dalam sisa waktu akhir pemerintahan SBY saat ini makin tidak bisa diatasi.
Kesenjangan distrbusi pendapatan merupakan konsekwensi dari suatu pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan. Akan tetapi porsi pendapatan yang diterima golongan penduduk berpendapatan rendah saat ini, meningkat amat kecil sementara pendapatan yang diterima lapisan menengah ke atas secara konsisten semakin tak terkejar. Hal ini berarti tingkat ketimpangan pendapatan masyarakat semakin tinggi. Menurut Guru Besar yang menamatkan studi doktornya di University of Illionis pada 2003 tersebut, terdapat sekitar 40% (100 juta) penduduk Indonesia saat ini yang merupakan penduduki miskin dan rentan.
Dalam kaitannya dengan topik kuliah umum bahwa manusia sebagai modal utama, maka pemerintah harus membantu warganya untuk memanage risiko-risiko yang dihadapi oleh kelompok penduduk dalam kategori miskin dan rentan tersebut. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memberikan perlindungan sosial lewat UU No. 40/2004 tentang Jaminan Sosial Nasional, yang meliputi tunjangan kesehatan, kecelakaan kerja, hari tua, pensiun, dan kematian. Di samping itu Pemerintah juga wajib melaksanakan Program Penanggulangan Kemiskinan, yang meliputi bantuan sosial Rumah Tangga, pemberdayaan masyarakat, dan penciptaan lapangan kerja dan penghasilan. (One 1/10)

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube