1
header-int

LOMBA TEKAN BETON TINGKAT NASIONAL “INNOVATION OF HIGH STRENGTH GREEN CONCRETE COMPETITION 2015”

12 May 2015
Share Facebook Share

Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta (HMS UAJY) menyelenggarakan lomba tekan beton hijau tingkat nasional dengan thema, “Innovation of High Strength Green Concrete Competition (IHSGCC) 2015“. Lomba tekan beton hijau yang merupakan rentetan acara Civil Engineering Days 2015 ini sudah dimulai sejak Jumat (27/3). Sedangkan presentasi hasil karya masing-masing peserta lomba diselenggarakan pada Jumat (8/5) di Ruang Sidang Kampus II, Gedung Thomas Aquinas UAJY, dan pengumuman pemenangnya dilakukan pada Sabtu (9/5) di Student Lounge.

Beton hijau (green concrete) adalah beton yang dibuat dari limbah lingkungan untuk menghasilkan beton dengan mutu tinggi. Beton hijau memiliki keuntungan yang sama seperti beton konvensional. Dengan mengkonsumsi dalam jumlah besar beton ini akan berpotensi mengurangi total emisi CO2 dunia sebanyak 1.5% – 2%. Beton hijau juga dapat menjadi solusi untuk masalah lingkungan selain yang terkait dengan emisi CO2. Penggunaan bahan kembali juga berkontribusi secara intensif terhadap perekonomian. Karena bahan limbah seperti agregat dari daerah terdekat dan fly ash dari pembangkit listrik di dekatnya tidak mahal dan juga biaya transportasi yang minimal.

Juara I lomba ini diraih oleh Tim Beton Universitas Sumatera Utara (USU), sedangkan juara II diraih oleh Universitas Negeri Semarang (UNES), UAJY menempati posisi III. Sedangkan Juara Harapan I dan II masing-masing diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Islam Indonesia (UII). (One 12/5)

1

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube