header-int

Program Studi S2 Arsitektur UAJY Mengadakan Workshop Arsitektur Digital

12 May 2020
Share Facebook Share

Program Studi S2 Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan workshop arsitektur digital dengan tema “Space Syntax for Design and Research”, Sabtu (09/05/2020). Dosen Program Studi Teknik Sipil UAJY, Sidhi Pramudito S.T., M.Sc. menjadi trainer yang menyampaikan materi terkait penggunaan Space Syntax dalam workshop tersebut.

Workshop yang dilakukan secara daring melalui Microsoft Teams ini dihadiri lebih kurang 30 peserta mulai dari mahasiswa S1 dan S2 hingga dosen Prodi Arsitektur UAJY. Tujuan pelaksanaan workshop ini untuk memberikan pelatihan kepada peserta mengenai Space Syntax yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan kasus penelitian arsitektur serta pemanfaatan Space Syntax dalam desain arsitektur.

Acara dibuka oleh sambutan Ketua Program Studi Magister Arsitektur, Khaerunnisa, ST., M.Eng., Ph.D. yang dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sidhi Pramudito S.T., M.Sc sebagai trainer dalam workshop tersebut. Sidhi menjelaskan mengenai pengantar Space Syntax untuk evaluasi desain bangunan dan kawasan arsitektur.

“Penggunaan Space Syntax dapat mempermudah dalam mengetahui hubungan antarruang pada suatu system,” jelas Sidhi.

Sidhi juga menjelaskan tentang sistem kerja dalam Space Syntax yang menggunakan pendekatan nilai integrasi ketika akan menganalisis konfigurasi ruang. Alat bantu berupa soft file modul telah dibagikan kepada seluruh peserta workshop untuk mempermudah pemahaman materi yang disampaikan.

Workshop arsitektur digital ini dibagi menjadi empat sesi yakni setiap hari Sabtu di Bulan Mei 2020 pada pukul 08.00-10.00 WIB. Empat sesi tersebut akan dibagi berdasarkan topik pembahasan arsitektur digital berupa penyampaian materi dasar, pembagian soft file modul, pengunduhan dan penggunaan software, hingga praktek Space Syntax untuk kasus penelitian dan desain arsitektur.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube