header-int

Mahasiswa Arsitektur UAJY Juara II Sayembara “Transformasi Rumah Apung” USAKTI

10 August 2017
Share Facebook Share

Tim mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menjuarai sayembara desain Metamorfosa 2017. Sayembara desain tahunan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Arsitektur Universitas Trisakti Jakarta (USAKTI) ini bertema Arsitektur Nusantara dengan judul “Transformasi Rumah Apung”. Dalam sayembara yang diadakan mulai bulan Februari hingga Juli 2017 ini, tim UAJY meraih Juara 2, sedangkan Juara 3 diraih Universitas Katolik Parahyangan dan juara 1 diraih oleh tim Universitas Sriwijaya Palembang.

Perlombaan berskala nasional ini diikuti tim-tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tim dari UAJY menjadi salah satu dari lima tim yang diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karyanya pada Sabtu, (5/8) di Universitas Trisakti Jakarta. Tim UAJY yang terdiri dari Rifandi Febrianto dan Venska Frizky Deandra merupakan mahasiswa Program Studi Arsitektur Angkatan 2014.

Permasalahan yang diangkat dalam sayembara ini adalah mencari solusi terhadap kenaikan muka air laut yang lama kelamaan dapat menenggelamkan daratan. Peserta harus mentransformasikan rumah biasa menjadi rumah apung. Selain merancang rumah tinggal biasa, peserta ditantang untuk menambahkan fungsi baru yakni kemampuan bertahan dari air yang mulai menutupi daratan. Beragam solusi ditawarkan dalam sesi presentasi 5 besar.

“Dari desain rumahnya sendiri sesuai dengan tema sayembaranya, yaitu nusantara, jadi secara keseluruhan hasil desain juga mencerminkan nusantara Indonesia,” ujar Venska.

Solusi yang ditawarkan peserta juga mengakomodasi penduduknya untuk bertahan hidup, misalnya ada farming atau keramba di masing-masing rumah.

Andi dan Venska membuat karya arsitektur dengan judul Bale Porodisa. Solusi yang ditawarkan pada Bale Porodisa mengangkat tema Nusantara, rupa bangun rumah tinggal mengadopsi Arsitektur Nusantara. Selain itu, Bale Porodisa memberi solusi tentang bagaimana cara penduduknya untuk bertahan hidup.

“Contohnya ada keramba buat budidaya hasil laut. Selain itu juga gimana masyarakat dituntut untuk hidup mandiri dan mempertahankan ekologis pulaunya,” tambah Andi.

Andi dan Venska telah banyak menjuarai perlombaan desain, di antaranya adalah Top 5 Sayembara Pasar dalam Sepekan Arsitektur 2017 UAJY dan Juara I Paradesc Urban Infill dari Universitas Parahyangan  Bandung.

Bale Porodisa

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube