1
header-int

Mahasiswa FISIP UAJY Bagikan Pengalaman Pertukaran Pelajar Lewat Webinar Kemendikbud-Ristek

15 June 2021
Share Facebook Share

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud-Ristek RI) bersama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggelar webinar Peluncuran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021 yang merupakan bagian dari rangkaian acara Menuju Festival Kampus Merdeka yang akan diselenggarakan 15 Juni 2021 mendatang. Webinar ini dihadiri oleh Bapak Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Aris Junaidi selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Nizam selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, dan Bapak Dwi Larso, Ph.D selaku Direktur Beasiswa (12/06/2021).

Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengenal keragaman budaya Indonesia melalui berbagai aktivitas berbagi dan saling mengenal kebudayaan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Kesempatan lainnya yang didapatkan oleh mahasiswa adalah memperkuat dan memperluas kompetensi akademiknya dengan mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain. Hal tersebut menjadi modal berharga untuk mahasiswa nantinya dalam menapaki jenjang karir dan mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan dan pengabdiaannnya terhadap bangsa dan negara.

Melalui program ini pula, perguruan-perguruan tinggi akan bekerjasama membangun pendidikan yang memiliki mutu tinggi serta berkualtitas. Perguruan tinggi juga dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa yang tangguh secara akademik dan mengenal dekat saudara-saudaranya dari berbagai penjuru nusantara, sehingga nantinya dapat menghormati perbedaan dari beragam suku dan agama yang ada di Indonesia dan merayakan berbagai keragaman yang dimiliki oleh bangsa ini.

Pada webinar tersebut salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP) yakni Bertha Virginia Yosmar berkesempatan untuk membagikan pengalamannya selama mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara – Sistem Alih Kredit Teknologi Informasi (Permata Sakti) pada tahun 2020.

“Program ini sangat menarik dan teman-teman mahasiswa harus ikut program ini. Secara pribadi saya mendapatkan banyak sekali kesempatan dan juga pengalaman untuk mengeksplorasi potensi yang saya miliki dengan mengikuti mata kuliah yang bisa lintas jurusan, sehingga dapat memperluas wawasan dari mahasiswa. Selain itu kami juga diberikan kesempatan untuk mengenal aneka ragam budaya yang ada di Indonesia. Sehingga, walaupun kegiatan ini terselenggara secara daring, kami masih mendapatkan banyak sekali manfaat dan juga pengalaman baru untuk tidak membatasi ilmu dari mahasiswa seperti konsep dari kampus merdeka ini sendiri yakni merdekakan peluang, merdekakan pelajar.”, ujar Bertha.

Bertha yang mendapat kesempatan untuk belajar di London School of Public Relations (LSPR) saat mengikuti program ini, menyebutkan juga manfaat-manfaat lain yang didapatkan seperti dapat memperluas relasi dan mengeksplorasi kebudayaan Indonesia sehingga dapat menjadi pribadi yang toleran dan cinta Tanah Air.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube