1
header-int

Mahasiswa FISIP UAJY Perluas Wawasan dengan Studi Perspektif

19 January 2018
Share Facebook Share

Era digital telah membawa dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam hal komunikasi. Lapangan pekerjaan di bidang ilmu komunikasi semakin menuntut lulusan sarjana ilmu komunikasi untuk mampu mengintegrasikan wilayah keilmuan dengan area praktis. Untuk itulah, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jayakarta Yogyakarta (HMPSKom FISIP UAJY) mengadakan Studi Perspektif (SP) yang mengangkat tema ‘Communication in DIgital Era: Beyond Your Limits’. Kegiatan ini diadakan selama dua hari, mulai dari tanggal 17-19 Januari 2018 di 13 perusahaan besar yang bergerak dalam bidang komunikasi dan tentu saja bersentuhan langsung dengan teknologi komunikasi. Ketiga belas perusahaan ini meliputi Kaskus, The Nielsen Company, Edelman PR, Ogilvy & Mather Indonesia, Danone Indonesia, Mirum Agency, Indosat Ooredo, CNN, Imogen PR, Hakuhodo Indonesia, Delamibrands, Metro TV, dan yang terakhir adalah Jakarta Smart City.

IMG_20180117_225640_691

Melalui program rutin tahunan yang diadakan HMPSKOM ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman mengenai implementasi nyata dari berbagai profesi di bidang ilmu komunikasi sehingga dapat membuka wawasannya dalam mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Peserta SP terdiri dari 70 orang mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 dengan tiga orang dosen pendamping. Peserta dibagi dalam tiga kloter yang berbeda, dengan masing-masing kloter mengunjungi empat perusahaan dalam dua hari dan mengunjungi satu perusahaan bersama di hari terakhir SP.

DSCN3214

Dalam kegiatan kunjungan ke perusahaan, para mahasiswa disambut oleh pihak perusahaan yang diwakili oleh kepala divisi komunikasi atau divisi human resource. Setelah itu, perwakilan perusahaan menyampaikan materi berupa pengenalan organisasi dan produk, informasi magang maupun lowongan pekerjaan yang kemudian ditutup dengan tanya jawab dari peserta kepada pihak perusahaan. Lebih menariknya, para mahasiswa diberi kesempatan untuk berkeliling perusahaan melalui office tour, melihat kondisi lokasi perusahaan yang dikunjungi serta proses kerja yang dilakukan para karyawan perusahaan secara langsung.

DSCN3120

Dervia, selaku Mahasiswa Angkatan 2015 yang menjadi salah satu peserta SP 2018 mengatakan bahwa SP adalah kegiatan yang seru dan bermanfaat bagi mahasiswa. “Aku jadi lebih tahu aku akan bekerja di bidang apa, terus aku jadi bisa mempersiapkan skill dan pengetahuanku sebelum magang ataupun bekerja. SP ini membekali kita untuk berpikir akan jadi seperti apa ketika bekerja nanti,” ujarnya. Dalam SP ini juga terdapat banyak pengetahuan dan pesan-pesan yang diberikan oleh pihak-pihak perusahaan kepada peserta SP.

“Bagi saya, lulusan Ilmu Komunikasi perlu mengembangkan keahlian lain seperti mengolah data, memiliki sikap pekerja keras, jujur dan bersemangat agar bisa bersaing di dunia kerja. Selain itu, memiliki kemampuan bahasa asing juga merupakan modal penting dalam dunia kerja,” ujar Rizanto Binol, Client Service Director dari Ogilvy.

IMG-20180119-WA0002

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Henny Puspitasari selaku Public Relations and Publicity Manager Metro TV. Henny berpesan bahwa hal yang paling penting dalam bekerja adalah attitude (sikap) yang baik, baru kemudian diikuti knowledge (pengetahuan) dan skill (keterampilan).

Di sisi lain, salah dosen pendamping SP 2018, Brahma Putra Pratama, M.Si berpendapat bahwa Studi Perspektif merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan tema yang diusung benar-benar relevan dengan kebutuhan dan tren yang ada di dunia kerja saat ini. Selama 3 hari, mahasiswa dapat mengenal dan memperoleh banyak pengetahuan mengenai dunia kerja secara praktis sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk magang ataupun kerja di era digital sesuai dengan minat dan keahlian yang mereka miliki.

DSCN3134

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube