header-int

Mahasiswa Pascasarjana UAJY mengikuti Kuliah Umum “Green Building Green Technology”

16 March 2017
Share Facebook Share

 

20170315_105314Mahasiswa Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengikuti kuliah umum yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Mry AA Iskandar, M.Sc dari Makasar. Kuliah umum dengan topik “Green Building Green Techonolgy” ini bertujuan memperbaiki pembangunan dan mengurangi limbah di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi.

Kuliah yang diselenggarakan pada hari Kamis, 15 Maret 2017, di Kampus Bonaventura UAJY dihadiri mahasiswa pascasarjana jurusan teknik. Dalam kuliah umum tersebut, berdiskusi tentang bagaimana mencegah limbah gas yang ada di lingkungan sekitar dan juga cara mengelola limbah tersebut dengan teknologi yang maju pada saat ini.

Orang Indonesia sampai saat ini, masih banyak yang belum sadar dengan adanya pencemaran lingkungan, dan mereka masih sering melanggar peraturan yang sudah dibuat oeh pemerintah. Banyak industri-industri yang menghasilkan limbah yang cukup banyak dan pelaku pencemaran tidak bertanggung jawab.

Mary menjelaskan beberapa cara untuk mengelola limbah gas, salah satunya dengan menggunakan Green Engeenering bisa mengontrol emisi gas buang dengan cara memasang alat pengubah katalik untuk menyempurnakan pembuangan, di samping dengan cara mengontrol gas buang dengan pengendapan siklon, filter basah.

Selain itu dengan menggunakan sistem gravitasi, alat yang digunakan hanya dapat untuk membersihkan udara kotor dengan megalirkan udara kotor ke dalam alat.

Di indonesia masih belum merata adanya kesadaran tentang mengelola lingkungan di sekitar,  dan banyak perusahaan yang tidak mengizinkan mahasiswa melakukan penelitian di perusahaan mereka. Padahal jika perusahaan menginzinkan mahasiswa untuk melakukan penelitian itu sangat membantu perusahaan tersebut dalam meingkatkan produktivitas dan lainnya.

Mary mengatakan bahwa “Masih banyak kelemahan di Indonesia yang harus ditinjau ulang, karena banyak orang yang melanggar ijin pembangunan walaupun sudah ada Undang-Undang yang mengaturnya”.

Upaya yang digunakan untuk pembangunan berkelanjutan di Indonesia, orang-orang harus mendukung program ekonomi baru yang memiliki srategi yang berkelanjutan dalam pengelolan sumber daya dan pengembangan lingkungan. Selain itu, juga dibutuhkan pengembangan dan penerapan teknologi maju untuk mendukung pengelolaan dan pengembangan lingkungan untuk Indonesia yang lebih maju.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube