header-int

Mahasiswa Teknik Sipil UAJY Raih Juara III Lomba Nasional di ITB

02 February 2018
Share Facebook Share

Prodi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) berhasil meraih gelar juara pada Lomba Nasional di Institut Teknologi Bandung (ITB). Lomba kali ini berjudul Design Tender Competition ITB, yang merupakan rangkaian acara dari ITB Civil Engineering Expo. Lomba ini digelar pada tanggal 26-28 Januari 2018 dan bertempat di ITB. Lomba Design Tender Competition ITB tahun ini mengambil tema desain perancangan infrastuktur laut, dan perencanaan rancangan anggaran biaya (tender).

Pada lomba ini Tim Civil In Action Construction (CIAC) UAJY diwakili oleh Yulius Hendra Kristanto, Alfonsus Pramudita Anggit Hananta, dan Ni Luh Kadek Elsy Erawati. Tim CIAC berhasil meraih Juara III, Juara I diraih oleh Politeknik Negeri Bandung dan Juara II diraih oleh ITB.

Mahasiswa Teknik Sipil

Adapun kendala yang dialami Tim CIAC UAJY diantaranya, perancangan pelabuhan/dermaga yang belum secara khusus mereka kuasai, serta sulitnya mengatur waktu untuk bertemu.

“Susah ketemunya, soalnya kami bertiga magang di Jakarta, jadi bisa ketemu seminggu 1 sampai 2 kali untuk bahas lombanya, jadi kami bagi-bagi kerjaan biasanya,” ujar Elsy.

“Kendala utama dalam desain pelabuhannya, karena kami belum  pernah secara khusus mempelajari desain pelabuhan, terutama dalam pemilihan bahannya, tapi untungnya ada bantuan dari teman-teman magang disana,” tambah Elsy.

Menurut Elsy, hal terpenting dari mengikuti lomba selain gelar juara adalah pengalaman yang didapat seperti bisa bertemu juri-juri yang berkompeten di bidangnya.

“Bisa bertemu juri-juri yang berkompeten membuat kami bisa mendapat pengetahuan baru yang diberikan oleh juri, yang belum tentu kami dapat di kelas,” ujar Elsy.

Elsy berharap teman-teman lain untuk berani mengikuti lomba-lomba, khususnya lomba tender yang membutuhkan ketekunan dalam pengerjaannya. Elsy dan Tim CIAC pun siap membantu memberi bimbingan untuk adik-adik angkatan yang ingin mengikuti lomba serupa.

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube