header-int

Mahasiswa UAJY Luncurkan Buku “Kisah di Bawah Langit”

13 June 2017
Share Facebook Share

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) telah meluncurkan sebuah buku berjudul “Kisah di Bawah Langit”. Buku tersebut resmi diluncurkan pada Senin (12/6) di Kedai Laliwayah, Yogyakarta.

Buku ini berisi beragam tulisan para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Penulisan Naskah Feature (PNF). Tulisan tersebut menjadi puncak tugas akhir PNF semester ganjil tahun 2017.

Para mahasiswa menulis naskah feature dengan tema “Human Interest”. Buku tersebut menggambarkan proses mereka bertemu orang-orang biasa, yang ternyata mampu melakukan hal-hal luar biasa bagi sesama.

Kumpulan tulisan mereka kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku. Pembuatan buku dari jerih-payah memenuhi tugas PNF ini telah memasuki tahun keempat. Sebelumnya, buku-buku lain juga diterbitkan dengan tema yang berbeda. Ada maksud tersendiri di balik penerbitan buku-buku ini.

“Sangat disayangkan kalau tulisan mahasiswa hanya berakhir di atas kertas, padahal tulisan itu bisa menjadi satu karya mereka untuk menambah portfolio. Buku itu merupakan salah satu hal yang bisa dibanggakan tiap anak,” jelas Birgitta B. Puspita, dosen pengampu mata kuliah PNF.

Tahun 2017, Kisah di Bawah Langit terbit sebanyak 100 buku. Isi buku tersebut ditulis oleh 71 mahasiswa. Tulisan-tulisannya pun diambil berdasarkan keterlibatan langsung tiap mahasiswa di lapangan, guna memahami karakter dan dinamika tiap narasumbernya.

Para penulis buku ini merespons positif peluncuran “Kisah di Bawah Langit”. Dalam prosesnya, mereka mendapatkan beragam nilai moral yang tidak diperoleh di dalam kelas.

“Hidup kita hanyalah sebagian dari kisah banyak orang. Mereka telah melakukan lebih banyak aksi, daripada yang telah kita lakukan. Kalau buat aku, buku ini bisa menjadi motivasi agar menjadi lebih baik ke depannya,” ungkap Ervan N.R, mahasiswa sekaligus salah satu penulis Buku “Kisah di Bawah Langit”.

Foto b Foto f

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube