header-int

MANFAAT BIOTEKNOLOGI BAGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI

18 September 2014
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan Kuliah Umum tentang Manfaat Bioteknologi Bagi Peningkatan Kesejahteraan Petani  pada Kamis, 4 September 2014, pukul 10.00 – 13.00, di Ruang Student Lounge, Kampus II UAJY, Gedung Thomas Aquinas, Jl. Babarsari Yogyakarta. Sebagai narasumber yaitu, Prof. Joko Murwono,

Dampak peradaban modern seperti bencana alam dan kehidupan, kerusakan keseimbangan alam dan cuaca, kehancuran plasma nuftah dan bibit pangan global, kehancuran ekologi tanah dan air,  tingginya paparan UV Matahari dan kerusakan Genetika Kehidupan, Kegagalan budi daya dan penurunan jumlah bibit merupakan akibat  yang antara lain dipicu oleh pembakaran bahan bakar fosil untuk energi modernisasi  dan pemansan global. Tak mengherankan apabila kondisi yang demikian ini telah “dijawab” oleh alam dan lingkkungan dengan kemunculan berbagai penyakit yang menyebabkan punahnya spesies, perkembangan penyakit yang sangat cepat dan mengerikan seperti Ebola, biomagnificition (pemekatan hayati), yaitu peningkatan kadar bahan pencemar yang melewati tubuh makhluk hidup, dan lain sebagainya.

Bagi petani, kehancuran tanah lahan budi daya yang disebabkan oleh  karena penggunaan pestisda anorganik dalam jumlah berlebihan telah menyebabkan tanah pertanian menjadi mandul, rawan penyakit, dan berkembangnya hama tanaman secara tak terkendali.

Bagaimana upaya-upaya menghadapi gejala tersebut dan sekaligus memiliki jawaban konkrit dalam memulihkan kondisi tanah pertanian merupakan upaya yang harus segera dilakukan. Secara gamblang Prof. Joko Murwono menjawab tantangan tersebut dalam kuliah umum ini. (One 5/9)

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube